Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Pura Luhur Ulun Danu, Bedugul

Rabu, 20 Juli 2011 15:15:18
photo: jobojero/indoplaces

Pura Luhur Ulun Danu di Bedugul, Kabupaten Tabanan, bagai noktah kecil di tepian barat Danau Bratan. Danau jelmaan caldera Gunung Catur yang kini sudah tidak aktif itu berukuran panjang 2,3 km dan lebar 2 km. Sementara area Pura Ulundanu mungkin tak lebih dari 50 x 50 meter per segi. Namun kalau ditotal bersama seluruh pura yang ada, 4 pura lain selain Pura Ulundanu sebagai pura utama, luasnya ya lumayan besar juga.

Meski kecil, Pura Luhur Ulun Danu menempati posisi kedua terpenting dalam ritual Hindu di Bali, setelah Pura Besakih. Pura Ulun Danu --yang bermakna gerbang danau-- dipercaya sebagai tempat bersemayamnya Dewi Sri: dewi perlambang kesuburan dan kemakmuran.

Pura Luhur Ulun Danu, menurut Babad Mengwi, sudah hadir sejak tahun 1634, dibangun oleh I Gusti Agung Putu, pendiri kerajaan Mengwi. Namun lokasi puranya sendiri, berdasar temuan arkeologis berupa sarkofagsu dan teras batu --yang bisa disaksikan wisatawan yang bertandan ke sana-- sudah dipakai sebagai tempat ritual keagamaan sejak jaman megalitikum: 500 tahun sebelum masehi, mirip peninggalan batu-batu megalitiku di Nias sana.

Peta & Citra Satelit

Candi Kuning

Pura Luhur Ulun Danu
Danau Bratan, Bedugul
Desa Candi Kuning
Kecamatan Baturiti
Kabupaten Tabanan
Bali

Pura Lingga Petak

Pura yang ada di kompleks Pura Luhur Ulun Danu antara lain adalah:
-- Pura Penataran Puncak Mangu. Pura ini yang kerap disebut sebagai Pura Luhur Ulun Danu, pura utama yang berada di tepian danau.
-- Pura Lingga Petak, pura untuk memuliakan Dewa Siwa
-- Pura Terate Bang, pura untuk memuja Dewa Brahma
-- Pura Dalem Purwa, pura untuk memulikan Dewi Laksmi

Selain empat besar itu, masih ada sejumlah pura lain di kompleks itu, baik yang asli maupun relokasi dari tempat lain. Di antaranya: Penataran Pura Jati, Pura Tirta Bungkah, Pura Taman Sari, Pura Tirta Mas Mampeh, Pura Sampian Wangi, Pura Gunarali, Pura Padang Sila, dan Pura Tuluk Biyu.

Danau Tambliingan

Selain Danau Bratan dan Pura Luhur Ulun Danu, masih ada sejumlah caldera lain yang menjadi danau dan populer. Yang paling besar dan luas adalah caldera yang jadi Danau Batur, di sebelah Timur Danau Bratan, yang terkenal dengan kampung Trunyan dan Kintamani-nya. Juga ada dua caldera lain yang top dan bertetanggaan dengan Danau Bratan: Danau Tamblingan dan Danau Buyan. Keduanya berada tak jauh di sebelah Barat Danau Bratan.

Gunung Bratan

Gunung Catur yang dulu melahirkan caldera Danau Bratan sudah tak aktif lagi. Gunung yang berada di sebelah utara Danau Bratan ini sekarang jadi favorit para pendaki gunung. Gunung Catur tercatat bertinggi 1.845 m. Sedangkan Danau Bratan di ketinggian 1.235 meter.

Di sebelah Barat Daya Danau Bratan kini juga dikenal adanya Gunung Bratan. Gunung ini konon kelak akan jadi gunung vulkanik dan disebut sebagai turunan dari Gunung Catur.

Upacara Pura Luhur Ulun Danu

Pura Penatara