Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Pemerintah Kabupaten Bandung Barat

Senin, 10 Agustus 2009 04:38:46
photo: ahmad m sidik / panoramio

Warga Kabupaten Bandung merasa wilayahnya terlalu luas. Maka keinginan agar kabupaten tersebut dimekarkan pun muncul. Pada 1999 sempat diusulkan agar dibentuk Kabupaten Padalarang untuk mewadahi kecamatan yang ada di bagian barat Kabupaten Bandung. Sayang, rencana ini surut karena pemerintah ternyata lebih dulu mengeluarkan UU No. 8 tahun 2001 tentang pembentukan Kota Cimahi. Padahal, niatnya Cimahi menjadi bagian dari calon Kabupaten Padalarang tadi.

Pada 2007, niatan tadi akhirnya kesampaian juga, meski nama kabupatennya tak jadi memakai nama Kabupaten Padalarang. Nama kabupaten baru itu, seperti yang ditetapkan UU No. 12 tahun 2007, adalah Kabupaten Bandung Barat. Sedangkan yang ditetapkan sebagai ibukota adalah Kecamatan Ngamprah. Adapun Padalarang tetap seperti semula, nama kecamatan, yang juga masuk Kabupaten Bandung Barat.

Hingga kini, amanat menjadikan Ngamprah sebagai ibukota belum terlaksana. Bupati masih berkantor di kompleks perkantoran pemda di Kecamatan Batujajar, setelah sebelumnya sempat berkantor di Padalarang. Yang menjadi kantor bupati di Batujajar adalah bekas pabrik kain gorden milik PT Prodomo yang disewa dengan biaya miliaran. Ruang kerja aparat pemkab dibuat dengan menyekat ruang besar pabrik.

Adapun kantor bupati di Ngamprah baru diletakkan batu pertama pembangunannya pada akhir November 2011 lalu. Kompleks kantor bupati di Desa Mekarsari, Kecamatan Ngaprah itu akan menampati areal seluas 100 hektar, dan baru akan selesai pada 2013. Biaya pembangunannya diperkirakan sebesar Rp 160 miliar.

Update: 4 April 2013, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan sudah meresmikan komplek Kantor Bupati Bandung Barat yang baru.

Peta & Citra Satelit

Kantor Bupati Bandung Barat

Pemerintah Kabupaten Bandung Barat
Komplek Perkantoran Pemkab Bandung Barat
Jalan Raya Batujajar Km. 3,5 No. 46
Kecamatan Batujajar
Bandung Barat

Website: www.bandungbaratkab.go.id

Kecamatan di Bandung Barat

Sejak dibentuk pada 2007, Kabupaten Bandung Barat baru ketambahan 1 kecamatan, yakni Kecamatan Saguling, yang wilayahnya berada di sekitar Waduk Saguling. Kecamatan ini merupakan pemekaran dari Kecamatan Batujajar.

Dengan penambahan tadi, sekarang total ada 16 keecamatan di Kabupaten Bandung Barat:
  1. Lembang
  2. Parongpong
  3. Cisarua
  4. Cikalongwetan
  5. Cipeundeuy
  6. Ngamprah
  7. Cipatat
  8. Padalarang
  9. Batujajar
  10. Cihampelas
  11. Cililin
  12. Cipongkor
  13. Rongga
  14. Sindangkerta
  15. Gununghalu
  16. Saguling