Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Pesantren Khusus Yatim As-Syafi'iyah
Rabu, 30 Maret 2011 17:24:16
photo: che/indoplaces
Update 28 Juli 2014 --- Wajah depan komplek Pondok Pesanren Khusus Yatim As-Syafi'iyah sudah berubah. Ini karena proyek pembangunan masjid berkubah di halaman depan sudah selesai pada pertengaha 2012. Menyertai masjid baru, pagar depan pesantren juga ikut dipercantik.

- - -

Bersama Pesantren Putra dan Pesantren Putri As-Syafi'iyah, Pesantren Khusus Yatim As-Syafi'iyah termasuk 'penghuni awal' Jalan Jatiwaringin pada akhir tahun 70-an. Meski secara resmi 10 Januari 1978 ditetapkan hari lahirnya, rasanya beberapa tahun sebelumnya pun pesantren ini sudah ada. Kehadirannya kurang lebih bersamaan dengan munculnya kampus Universitas Krisnadwipayan yang ada di Jatiwaringin.

Dibangun di atas lahan seluas 3,3 hektar, yang sekarang tak jauh dari pintu tol Jatiwaringin (Pondokgede Barat) pesantren ini diperuntukkan bagi siapa saja. Meksi begitu, saat Timor Timur masih menjadi bagian dari Indonesia, lumayan banyak anak yatim yang berasal dari sana. Mereka ini kebanyakan dititipkan oleh para perwira tinggi TNI yang bertugas atau pernah bertugas di sana. Walhasil wajar kalau dulu sebentar-sebentar selalu ada kunjungan dari para petinggi ABRI (sekarang TNI) ke pesantren ini.

Sebagaimana lembaga pendidikan lain yang berlabel As-Syafi'iyah, termasuk Universitas Islam As-Syafi'iyah yang ada di seberangnya, Pesantren Khusus Yatim As-Syafi'iyah ini pun didirikan oleh almarhum KH Abdullah Syafi'i. Sepeninggal beliau, kepemimpinna 'group As-Syafi'iyah' diteruskan oleh putrinya, Dr Hj Tutty Alawiyah AS, yang pernah menjadi Menteri Sosial dan Mentri Negara perananan wanita. Ibu Tutty --begitu dia biasa dipanggil-- sekarang juga jadi rektor Universitas Islam As-Syafi'iyah.
Pesantren Khusus Yatim As-Syafi'iyah
Jalan Jatiwaringin No. 12
Kelurahan Jaticempaka
Kecamatan Pondokgede
Kota Bekasi - 71411

Tel: 021-8462234
Kelurahan Jatiwaringin, Bekasi, sudah dimekarkan. Pesantren Yatim As-Syafiiyah yang dulu masuk wilayah kelurahan Jatiwaringin, sekarang masuk wilayah kelurahan hasil pemekaran: Kelurahan Jaticempaka.
Spanduk pembangunan masjid ini sudah tak ada lagi. Soalnya, sejak awal 2014, proyek pembangunannya sudah selesai. Masjid versi barunya tampil cantik seperti terlihat di foto atas.
Masjid baru yang berada di halaman depan pesantren dinamai Masjid Alawiyah. Meski berstatus masjid, Masjid Alawiyah tak dipergunakan untuk sholat Jum'at maupun sholad id. Masyarakat sekitar masih tetap setia menggunakan masjid kampus Universitas Islam As-Syafi'iyah --Masjid Al-Barkah-- yang berada di seberang jalan.
Ada Masjid Alawiyah, ada pula Radio Alawiyah di sampingnya, di halaman depan Pesantren Khusus Yatim As-Syafi'iyah. Radio di jalur AM ini menempati kios yang berada di samping kanan masjid.
Pesantren Khusus Yatim As-Syafi'iyah sekarang menyematkan nama Panti Sosial di depan namanya.