Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Emas Bawah Tanah
Selasa, 30 Nopember 1999 00:00:00
photo: netaholic / panoramio
Catatan: Info ini bagian dari Places : Grassberg, PT Freeport Indonesia
Selain mengandalkan lubang raksasa Grasberg, PT Freeport mengandalkan berbagai tambang bawah tanah, atau gua-gua, sebagai sumber bijih tembaga, emas, dan perak. Gua-gua ini tersebar di berbagai titik di sekitar Grasberg.

Hasil galian, setelah ditarik dari lokasinya, langsung dipilah antara yang potensial dan tidak. Yang tidak potensial langsung diangkut dan diurugkan ke berbagai jurang dan datara di sisi barat dan timur lubang Grassberg. Bahan galian yang berguna langsung dibawa dengan ban berjalan atau truk ke instalasi pengolahan. Setelah diolah, konsentrat tembaga, perak, dan emas dikirim lewat pipa sepanjang 110 kilometer ke Pelabuhan Amamapare, di selatan pulau Irian. Adapun limbahnya dialirkan lewat sungai ke kawasan daratan rendah yang ada disisi timur Kabupaten Mimika.

Selain sebagai pelabuhan, Amamapare --yang berada di sungai menjelang laut Arafura-- juga memiliki instalasi untuk mengeringkan bubur konsentrat yang dialirkan tadi, serta gudang penyimpanan berkapasitas 135 ribu metrik ton. Dari gudang-gudang dan pelabuhan inilah konsentrat langsung dikirim ke pembeli di seluruh penjuru dunia.