Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat

Sabtu, 19 Maret 2011 16:08:24
photo: google earth

Banyak orang pasti kenal Ayam Taliwang. Bakar atau goreng, ayam Taliwang terkenal pedasnya. Kalau kota Taliwang, kenal? Seharusnya kenal. Karena dari ibukota Kabupaten Sumbawa Barat inilah Ayam Taliwang berasal. Tapi, tidak secara langsung. Ayam Taliwang terlanjur dikenal sebagai masakan khas Cakranegara, Kabupaten Lombok Barat, di Pulau Lombok. Meski begitu, warga Cakranegara yang jago Ayam Taliwang adalah warga kampung Taliwang. Sebagian penduduk di sini dulunya bermigrasi dari Taliwang di Sumbawa Barat.

Taliwang menjadi ibukota sejak Sumbawa Barat resmi menjadi kabupaten berdasarkan UU No. 30 tahun 2003. Kabupan ini terbentuk dari 5 kecamatan eks-Kabupaten Sumbawa: Seteluk, Brang Rea, Jereweh, Sekongkang, dan Taliwang. Sekarang sudah bertambah 3 kecamatan lagi: Poto Tano, Brang Ene, dan Maluk. Sesuai nama kabupatennya, seluruh kecamatan ini berada di sisi barat Pulau Sumbawa. Sekarang, Kabupaten Sumbawa Barat suka menyebut diri dengan singkatan KSB.

Kantor Bupati Sumbawa Barat berada di kompleks perkantoran pemerintahan yang disebut Kemutar Telu Center (KTC). Kompleks ini terbilang khas karena mengambil bentuk bintang delapan, seperti yang biasa terdapat di dunia arsitektur Islam atau Maroko. Kantor Bupati berkubah ala Capitoll Hill, gedung Kongres AS, dan menempati pojok timur KTC. Di pojok barat ada tetenger lain juga berkubah: Mesjid Raya Darussalam.

Peta & Citra Satelit

Kantor Bupati di Taliwang

Kantor Bupati Sumbawa Barat
Komplek Kemutar Telu Center
Jl. Bung Karno No. 3
Taliwang
Sumbawa Barat - 84355



Tel: 0372-81747, 81748
Fax: 0372-81765

Website: www.sumbawabaratkab.go.id

Kecamatan di Sumbawa Barat

Kecamatan di Sumbawa Barat:
  1. Poto Tano
  2. Seteluk
  3. Taliwang
  4. Brang Rea
  5. Brang Ene
  6. Jereweh
  7. Maluk
  8. Sekongkang