Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat

Rabu, 08 Februari 2012 21:14:24
photo: pasaman membangun

Berada di tepian Samudera Indonesia, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) baru saja meresmikan beroperasinya bandara impian masyarakat Pasbar: Bandara Laban. Peresmian itu ditandai dengan mendaratnya pesawat Cessna Grand Caravan 208-B milik Susi Air, setelah terbang 30 menit dari Bandara Internasional Minangkabau, Padang.

Bupati Pasbar H Baharuddin R dan CEO Susi Air Susi Puji Astuti menjadi penumpang pertama dalam penerbangan perdana dan uji coba itu. Bandara baru ini berada di Laban Kapar, Jorong Padanghalaban, Kenagarian Kapar, Kecamatan Luhak Nan Duo. Lokasi 7 kilometer dari Simpang Empat, ke arah Sasak. Bandara Laban yang berstatus bandara perintis itu tidak seratus persen baru. Bandara itu hingga 12 tahun silam merupakan milik dan dipakai oleh salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit di sana.

Perusahaan sawit mana yang punya bandara itu, entahlah. Yang pasti, Pasaman Barat memang merupakan kabupaten full kelapa sawit. Setiap kecamatan punya kebun kelapa sawit. Beberapa perusahaan yang berkiprah di sana antara lain: PT Perkebunan Nusantara VI, PT Pasaman Marama Sejahtera, PT Agrowiratama, PT Bakrie Pasaman Plantation, PT Gersindo Minang Plantation, PT Andalas Agro Industri, PT Sari Buah Sawit, PT Sawita Pasaman Jaya, PT Inkud Agritama, dan PT Bintara Tani Nusantara.

Kabupaten Pasaman Barat sendiri tergolong kabupaten muda. 7 Januari 2012 lalu, Pasaman Barat baru saja memperingati sewindu kelahirannya. Ia merupakan pemekaran dari Kabupaten Pasaman, berdasar UU No. 38 tahun 2003 (bersama Kabupaten Dhamasraya dan Kabupaten Solok Selatan) dan 'resmi beroperasi' pada Januari 2004. Yang ditetapkan sebagai ibukota adalah Simpang Empat. Nama ini, sejak November 2011, secara resmi dikembalikan ke bahasa aslinya: Simpang Ampek.

Peta & Citra Satelit

Simpang Ampek

Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat
Jalan Soekarno Hatta
Simpang Ampek - 26566
Kecamatan Pasaman
Kabupaten Pasaman Barat
Sumatera Barat

Tel: 0753-466262
Fax: 0753-466170

Website: www.pasamanbaratkab.go.id


Notes: Google belum punya citra satelit yang memotret area kantor bupati Pasaman Barat. Untunglah Here.com sudah punya. Silakan klik thumbnail di atas atau ikuti link berikut untuk melihat langsung di Here.com : Kantor Bupati Pasaman Barat

Kecamatan di Pasaman Barat

Dari semula 7 kecamatan ketika berdiri pada 2004, Kabupaten Pasaman Barat kini sudah mekar menjadi 11 kecamatan.

Kecamatan di Pasaman Barat:
  1. Pasaman

  2. Kinali

  3. Luhak Nan Duo

  4. Sasak Ranah Pasisie

  5. Gunung Tuleh

  6. Sungai Aur

  7. Lembah Melintang

  8. Ranah Batahan

  9. Sungai Beremas

  10. Talamau

  11. Koto Balingka