Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Pelabuhan Gilimanuk

Minggu, 13 Maret 2011 11:56:51
photo: N.Pudjo Bintoro

Pelabuhan ferry Gilimanuk merupakan salah satu gerbang laut menuju Pulau Bali. Berada di Kabupaten Jembrana, pelabuhan dikelola oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). Saat ini tak kurang dari 24 kapal ferry yang setiap hari hilir mudir dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, ke Pelabuhan Gilimanuk.

Selain ASDP, yang memperoleh pendapatan resmi dari Pelabuhan Gilimanuk adalah Perusda Jembrana. Hanya saja, perusahaan ini pada 2008 sempat membuat berang Bupati Jembrana. Pasalnya, tahun itu setoran Perusda Jembarana yang berasal dari retribusi kendaraan yang masuk Bali lewat Pelabuhan Gilimanuk merosot tajam. Jika tahun sebelumnya bisa memenuhi target Rp 100 juta perbulan, tahun 2008 paling banyak hanya menyetor Rp 37 juta perbulan.

Penarikan retribusi di Gilimanuk itu semula dilakukan Dinas Perhubungan Jembrana. Namun setelah terbentuk Perusda Jembrana pada 2006, penarikan retribusi lewat pos di pintu keluar pelabuhan Gilimanuk diambil alih Perusda. Saat Bupati marah itu, setiap mobil yang masuk Bali dikenai retribusi Rp. 1000,-


Pelabuhan Gilimanuk
PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)
Website: www.indonesiaferry.co.id

Peta & Citra Satelit