Indonesia meets Google Places and Facebook Places
PT Caterpillar Indonesia
Jumat, 11 Maret 2011 17:21:09
photo: centhini/indoplaces
Meski merek traktor, buldozer, dan alat berat lain amat banyak di Indonesia, tapi yang punya pabrik di Indonesia konon hanya 3 merek. PT Caterpillar Indonesia, yang memproduksi alat berat merek Caterpillar, adalah salah satunya. Dua lainnya: PT United Tractor Tbk (Astra Group), lewat PT Komatsu Indonesia, memproduksi alat berat cap Komatsu di Cakung, Jakarta Utara; dan PT PT Hitachi Construction Machinery Indonesia, yang membuat alat barat merek Hitachi di Cibitung, Bekasi.

Adapun PT Caterpillar Indonesia --yang dulu bernama PT Natra Raya-- memiliki pabrik di Jalan Raya Narogong, Cileungsi, Kabupaten Bogor. Perusahaan ini merupakan PMA, patungan antara Caterpillar USA (80 persen) dengan PT Marga Tiara Trakindo (20 persen). Yang terakhir ini tak lain holding atau induk dari PT Trakindo Utama, dealer utama Caterpillar di Indonesia.

Tak diketahui pasti alat berat apa saja yang diproduksi di Cileungsi. Yang jelas, kalau ingin lihat-lihat pabriknya ya silakan saja. Tak seperti pabrik lain yang cenderung tertutup, area pabrik Caterpillar justru terlihat sengaja dibuat 'terbuka'. Pagar depan pabrik yang berupa kawat dan besi tembus pandang membuat orang bisa melirik langsung apa yang ada di balik pagar. Termasuk halaman PDI Center (pre-delivery inspectino), tempat tergelarnya ratusan komponen traktor, forklift, buldozer, dll.
PT Caterpillar Indonesia
Jalan Raya Narogong Km. 19
Kecamatan Cileungsi
Kabupaten Bogor - 26830

Tel: 021-8239871, 8239800
Fax: 021-8239900

Website: www.trakindo.co.id

Caterpillar USA - www.caterpillar.com
Area PDI Center (pre-delivery inspection) Caterpillar berada di sebelah utara pabrik dan memiliki gerbang masuk terpisah dari gerbang masuk pabrik. PDI Center ini bersebelahan dengan kompleks Trakindo Training Center: pusat pelatihan alat berat cap Caterpillar.