Satu Indonesia Berjuta-berjuta Placesnya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Green Building Ditjen Sumber Daya Air

Senin, 07 Maret 2011 13:32:30
photo: jobojero/indoplaces

Pada Juni 2007, Ikatan Arsitek Indonesia caban Jakart (IAI Jakarta) menggelar sayembara desain arsitektur berhadiah utama Rp 60 juta. Obyek lombanya tak lain gedung yang satu ini: gedung 8 lantai Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA), Kementerian Pekerjaan Umum.

Gedung Ditjen SDA ini dirancang sebagai gedung dengan arsitektur hijau. Pencahayaan banyak diambil dari matahari. Pendingin udara (AC) cukup dioperasikan 7 jam sehari, karena gedung disejukkan sirkulasi udara yang oke dan oleh banyaknya kolam air yang tersebar di seantero gedung.

Dua BUMN konstruksi dilibatkan pada pembangunannya: PT Pembangunan Perumahan (Persero) dan PT Brantas Abipraya (Persero). Dimulai awal 2009, bangunan ini mulai dipergunakan pada akhir 2009 dan benar-benar rampung pada 2010.

Gedung Ditjen SDA ini masih satu area dengan Kantor Menteri Pekerjaan Umum, yang beralamat di Jalan Pattimura. Hanya saja, gedung Ditjen SDA ini kebetulan menghadap ke dan berpintu gerbang di jalan Raden Patah atau bagian belakang Mabes Polri.


Ditjen Sumber Daya Air
Kementerian Pekerjaan Umum
Jalan Raden Patah No. 1
Jakarta Selatan

Websiute: www.pu.go.id

Peta & Citra Satelit