Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Kantor Kementerian Perumahan Rakyat

Senin, 07 Maret 2011 12:40:10
photo: jobojero/indoplaces

Tanah dulu, baru rumah. Seolah mengikuti prinsip itu, maka Kantor Kementerian Perumahan Rakyat pun berada di belakang gedung Badan Pertanahan Nasional (BPN). Jika BPN berada di Jalan Sisingamangaraja, maka Kantor Menpera berada di jalan lapis kedua, Jalan Raden Patah I. Selain BPN, tetangga terdekatnya adalah Mabes Polri, Sekretariat Asean, Kementerian PU, dan Masjid Al-Azhar.

Bahkan kalau mau sedikit mundur ke belakang, gambarannya malah agak lebih tak enak. Ketika dibentuk SBY pada 2004, kementerian ini tak punya gedung. Walhasil, gedung bekas Ditjen Cipta Karya (Departemen PU) pun dipakai. Meski rancangannya bagus, punya 4 wing, gedung ini masih kosong ketika Menteri Perumahan Rakyat Muhammad Yusuf Ashari memasukinya pada 1994. Bukan hanya kosong furniture, juga kosong staf-nya.

Kini, seolah puncak gedungnya bocor, bagian atap wing terdepan diberi cungkup tambahan. Kalau dari bawah, mungkin tak terlihat. Tapi dari langit, rasanya kok malah merusak pemandangan. Tak konsisten dengan aslinya, tak konsisten dengan tiga wing yang lain. Tapi, setidaknya konsisten dengan cungkup panjang gedung BPN yang ada di sisi kiri peta.


Kementerian Perumahan Rakyat
Jalan Raden Patah I No. 1
Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12110

Website: www.kemenpera.go.id

Peta & Citra Satelit