Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Cartenz, Puncak Jaya, Pegunungan Jayawijaya
Jumat, 04 Maret 2011 12:40:55
Pegunungan Jayawijaya merupakan deretan gunung yang membentang ditengah Pulau Irian, mulai dari Provinsi Papua Barat, Papua, sampai ke negara tetangga Papua Nugini. Di pegunungan ini, Puncak Jaya, alias puncak Cartenz, 5.030 meter di atas perukaan laut, merupakan puncak yang tertinggi. Keberhasilan mencapai Puncak Jaya, yang berada tak jauh dari lokasi tambang PT Freport Indonesia, biasanya menjadi kebanggaan bagi para pendaki.

Sekarang, meski tidak seratus persen mudah, mendaki Puncak Jaya seolah menjadi kegiatan wisata petualangan biasa. Beberapa perusahaan, semisal PT Adventure Cartensz, secara rutin menawarkan wisata mendaki Puncak Jaya, lewat kabupaten tetangga: Kabupaten Intan Jaya. Pulang-pergi, wisata petualangan ini berlangsung selama 15 hari 14 malam.

Biro wisata petualangan lain malah lebih praktis lagi: separuh terbang dengan helikopter, sisanya dinikmati dengan trekking biasa. Caranya, helikopter mendarat terlebih dahulu di Zebra Wall, base camp di ketinggian 3.800 m, lalu diteruskan dengan berjalan dan mendaki sampai ke Puncak Cartenz.

Jalur pendakian lewat PT Freeport kabarnya sekarang sudah tak boleh dipakai lagi. Freeport tak mau repot mengurusi para pendaki, meski mau juga menolong kalau ada yang celaka. Walhasil, kini para pendaki --dan juga biro wisata-- berlomba mengembangkan jalur pendakiannya masing-masing.


Beberapa puncak gunung (peak) yang terkenal di pegunungan Jayawijaya:
Puncak Jaya (Cartenz) - 5.030 M.dpl
Puncak Trikora (Wilhelmina) 4.730 M.dpl
Puncak Mandala 4.650 M.dpl
Puncak Yamin (Prins Hendrick) 4.535 M.dpl