Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Plaza Mitra, Banjarmasin

Kamis, 24 Februari 2011 00:07:15
photo: jobojero/indoplaces

Nama Ramayana department store dan swalayan Hero terpampang besar di muka Plaza Mitra, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Keduanya memang tenant utama mal yang berseberangan dengan Swiss-Belhotel, di Jalan Pangeran Antasari. Ramayana hadir sejak Juni 2000, menempati ruang seluas 3.600 meter per segi. Hero bahkan sudah lebih lama lagi. Gerai 'nasional' lain yang juga hadir di Plaza Mitra antara lain Texas Chicken.

Plaza Mitra atau Mitra Plaza sekarang memang sudah normal kembali. Tapi bagi sebagian orang, mengingat Plaza Mitra serasa mengingat Yogya Department Store di Klender, Jakarta Timur. Atau sebaliknya, ingat Yogya Deparment Store, ingat Mitra Plaza.

Bisa begitu karena keduanya merekam 'sejarah gosong' bangsa ini. Mitra Plaza menjadi saksi 123 orang lebih yang hangus terbakar di gedung itu saat rusuh Banjarmasin, pada hari terakhir kampanye pemilu presiden, Jumat 23 Mei 1997. Sementara Yogya Department Store, selang setahun kemudian, 14 Mei 1998, mencatat jumlah korban hangus terbakar lebih banyak lagi: 488 orang.

Kini, Hero yang dulu ikut hangus terbakar, sudah berbisnis lagi. Toko buku Gramedia, yang dulu juga bernasib sama, memilih untuk membangun dua toko di tempat lain di Banjarmasin.

Peta & Citra Satelit

Mitra Plaza

Plaza Mitra
Jalan Pangeran Antasari No. 1
Banjarmasin

Hero : 0511-3273160