Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

PT Timah Tbk

Minggu, 20 Februari 2011 18:28:04
photo: google earth

Nama PT Timah Tbk super-lekat dengan Kepulauan Bangka dan Belitung. Hidup-mati BUMN yang satu ini memang ditentukan oleh ''Sabuk Timah Indonesia'' (Indonesian Tin Belt) yang mencakup wilayah Bangka-Belitung dan sebagian provinsi Riau. Tak kurang dari 114 kuasa pertambangan darat dan laut dikuasai PT Timah di area itu, yang total areanya mencapai 522.460 hektar.

Semua kiprah pertimahan itu dulu dilakukan lewat PT Tambang Timah. Perusahaan spesialis tambang dan produksi timah ini sekarang menjadi satu dari 6 anak perusahaan PT Timbah Tbk. Anak perusahaan yang lain bergerak di dunia yang berbeda.

PT Timah Industri bergerak di bidang perdagangan dan jasa manufaktur, teknik, dan industri. Perusahaan ini punya pabrik tin chemical di Kawasan Industri Krakatau Steel, Cilegon, Banten, yang memproduksi timah untuk industri kemasan dan konstruksi.

PT Timah Investasi Mineral berbisnis tambang batubara di Kalimantan Selatan.

PT Timah Eksplomin terjun ke bisnis eksplorasi mineral non timah, seperti ilmenite, zircon, monazite, batubara, dan sebagainya, di Kalimantan Selatan, kaltiman Timur, dan Sumatera bagian Selatan.

PT Dok & Perkapalan Air Kantung, selain berbisnis angkutan laut, juga sibuk memperbaiki dan membuat kapal. Perusahaan ini sudah berhasil membuat Kapal roro Raja Enggano dan KM Asmat.

Indometal London Ltd merupakan anak perusahaan yang didirikan untuk jadi agen penjualan timah untuk kawasan Eropa dan Amerika Serikat.

Semester pertama 2011 ini, kalau jadi, PT Timah Tbk bakal punya satu anak perusahaan lagi: PT Sarana Karya (Saka). Perusahaan ini sejak 2003 sudah jadi KSO dalam memproduksi aspal Boton. Niatnya tahun ini PT Saka akan diakuisisi secara penuh.


Kantor Pusat PT Timah Tbk
Jalan Jenderal Sudirman 51
Pangkalpinang 33121
Bangka

Tel: 0717-4258000

Website: www.timah.com

Peta & Citra Satelit