Indonesia meets Google Places and Facebook Places Home | Places | Hotel | Berita
Indoplaces.com
Asbisindo Cemplung.com
Rumah Pengasingan Bung Karno, Bengkulu
Jumat, 29 April 2011, 12:38:35
photo: yaya ariadi/indoplaces
Di sekolah dasar dulu, kalau mendengar cerita tentang Bung Karno yang diasingkan, rasanya heroik sekali. Yang terbayang adalah orang yang dibuang jauh ke negeri antah berantah. Tapi sekarang, ketika media sudah banyak bercerita tentang berbagai tempat pengasingan para tokoh politik, kita boleh jadi bisa tersenyum.

Rumah yang ditempati Bung Karno ketika diasingkan ke Bengkulu, 1938-1942, misalnya, bukanlah sembarang rumah. Rumah besar yang sekarang jadi obyek wisata sejarah itu ukuran aslinya 9x18 meter atau 162 meter persegi. Rumah yang konon milik Tan Eng Cian, suplaier sembako ke pemerintah Hindia Belanda, itu berdiri diatas tanah seluas 4 hektar.

Rumah pengasingan itu dulunya berada di Jalan Jeruk. Tapi sekarang nama jalannya sudah diganti jadi Jalan Soekarno-Hatta. Letak ada di pusat kota, tak jauh dari kantor Walikota Bengkulu. Yang ada di sana tak hanya bangunan asli, tetapi juga sejumlah bangunan tambahan. Pada 2006, misalnya, Pemprov Bengkulu mendirikan bangunan yang disebut Persada Bungkarno. Bangunan tambahan berisikan ruang pertemuan, museum, perpustakaan, dan gedung pertunjukan.
 
Di bagian belakang rumah Bung Karno terdapat sumur air yang konon bertuah. Oleh pengelolanya pun ditulis seperti ini:

Konon kabarnya air sumur ini banyak membawa berkah bagi orang yang pernah cuci muka ataupun berwudhu, sehingga banya para pejabat, artis, dan pengusaha yang sukses setelah cuci muka dengan air sumur ini.

Wallahuaam Bissawab.





 
Semasa pengasingan di Bengkulu, Soekarno menikah dengan gadis setempat bernama Fatmawati. Fatmawati kemudian dikenal sebagai wanita yang menjahit bendera pusaka Merah Putih. Perempuan asli Bengkulu ini pula ibu daripada Megawati Soekarno Putri. Dan untuk mengenang kebersamaan beliau bersama Bung Karno di Bengkulu, di salah satu ruang di rumah pengasingan Bung Karno tersimpan sebuah mesin jahit antik yang dulu suka dipakai Fatmawati.
 
Sebelum menikah dengan Bung Karno, Fatmawati tinggal bersama keluarganya di rumah yang letaknya hanya 600 meter dari rumah pengasingan Bung Karno. Jalan tempat rumah itu sekarang dinamai Jalan Fatmawati, dekat bundaran simpang lima di depan kantor Walikota Bengkulu. Rumah ini sekarang juga sudah dijadikan museum.
Tetangga TerdekatKm
Pemerintah Kota Bengkulu 0,665
Giant Supermarket - Bengkulu 0,851
Fort Marlborough 1,718
Pemerintah Provinsi Bengkulu 3,527
DPRD Bengkulu 3,730
 Hotel di Kota Bengkulu
Grage Horizon - Bengkulu
 Berita Kota Bengkulu
PMII dan BEM Fisipol Universitas Bengkulu Turun ke Jalan
  © 2010-2014 IndoPlaces.com  |  Redaksi - Panduan
Web Services : Bengkel Web - Registrasi Domain - Web Hosting

Powered by eNdonesia 8.5