Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Pemerintah Kota Padang

Rabu, 10 Juni 2015 13:26:11
photo: bapeda padang

Lima tahun setelah gempa dan tsunami melanda Provinsi Aceh, pada 2009 giliran Sumatera Barat yang diguncang gempa dahsyat berskala 7,6 Richter. Gempa besar ini menewaskan lebih dari 1.100 orang dan merusak lebih dari 150 ribu bangunan di 3 kota dan 4 kabupaten di Sumatera Barat. Di antara bangunan yang rusak berat adalah gedung balaikota atau gedung kantor Walikota Padang di Jalan M Yamin, di pusat kota Padang. Buntutnya, Pemeritah Kota Padang memutuskan untuk membangun komplek kantor pemerintahan yang baru dan terpadu di Jalan By-Pass, di pinggiran utara kota Padang.

Gempa Sumatera Barat itu terjadi pada 30 September 2009. Untuk memperingati petaka itu, tepat 30 September 2013, Pemerintah Kota Padang pun resmi pindah ke perkantoran barunya di Jalan By-Pass, di wilayah Kelurahan Aie Pacah, Kecamatan Koto Tangah. Adapun gedung kantor lama dijadikan Museum Gempa. Perpindahan psuat pemerintah itu sudah disetujui pemerintah pusat lewat PP Nomor 26 tahun 2011.

Tak cuma pindah kantor, Pemkot Padang juga berniat memindah nama Jalan Bagindo Azis Chan yang ada di kota Padang ke Aie Pacah, untuk megganti nama Jalan By-Pass. Tapi kelihatannya rencana itu tetap tinggak sebagai niatan karena sampai sekarang Pemerintah Kota Padang masih menggunakan nama Jalan By-Pass.

Kawasan Pusat Pemerintahan Kota Padang luasnya mencapai 55,43 ha. Tapi tidak seluruhnya dipakai untuk perkantoran pelat merah. Yang jadi area perkantoran pemkot hanya sekitar 7,2 hektar saja. Area selebihnya akan jadi area penyangga untuk taman kota, danau buatan, sarana olahraga, gedung pertemuan, dan juga pusat perbelanjaan. Total biaya pengembangan kawasan itu ditaksir mencapai lebih dari Rp 800 milliar.

Yang rencananya dihadirkan terlebih dahulu di kawasan itu, selain kantor walikota dan jajarannya, adalah gedung DPRD dan Masjid Raya. Dalam rancangan awalnya, biaya pembangunan ketiganya mencapai Rp 241,9 miliar. Rinciannya: balaikota Rp 106,19 miliar, gedung DPRD Rp 91,2 miliar, dan Masjid Rp 44,54 miliar. Sammpai sekarang, yang sudah benar-benar hadir di sana hanyalah gedung balaikota.

Peta & Citra Satelit

Kantor Walikota Padang

Pemerinntah Kota Padang
Jl. By-Pass (calon Jl. Bagindo Azis Chan)
Kelurahan Aie Pacah
Kecamatan Koto Tangah
Padang
Sumatera Barat

Website: www.padang.go.id



Bappeda Kota Padang
Jl. By-Pass (Samping TRB Aie Pacah)
Kelurahan Aie Pacah
Kecamatan Koto Tangah
Padang

Tel: 0751-463884
Fax: 0751-463886

Website: http://bappeda.padang.go.id

Kecamatan di Kota Padang

Kecamatan di Kota Padang:
  1. Bungus Teluk Kabung
  2. Koto Tangah
  3. Kuranji
  4. Lubuk Begalung
  5. Lubuk Kilangan
  6. Nanggalo
  7. Padang Barat
  8. Padang Selatan
  9. Padang Timur
  10. Padang Utara
  11. Pauh