Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Pemerintah Kabupaten Karo

Kamis, 13 Februari 2014 13:40:59
photo: pantas samosir / panoramio

Selama 8 bulan terakhir, sejak pertengahan 2013, ada satu jenis surat keputusan (SK) yang setiap minggu --atau dua minggu sekali-- selalu diteken Bupati Karo Kena Ukur Karo Jambi Surbakti. SK itu tak lain adalah SK perpanjangan masa tanggap darurat bencana erupsi Gunung Sinabung. SK terakhir yang ditekennya adalah memperpanjang masa tanggap darurat dari 8 Februari 2014 menjadi 15 Februari 2014. SK berbaru ini menyambung SK sebelumnya yang memperpanjang tanggap darurat dari 2 Februari 2014 ke 8 Februari 2014.

Tah hanya pak Bupati yang sibuk dengan Gunung Sinabung. Dinas Komunikasi, Informatika dan PDE Kabupaten Karo pun sibuk. Soalnya, dan ini patut diacungi jempol, mereka selalu mengupdate informasi situasi dan kondisi bencana Gunung Sinabung: mulai dari informasi situasi gunung, data pengungsi, dan juga data para donatur yang menyumbang. Juga --meski tidak live, tapi berupa foto-- websitenya terhubung langsung dengan 2 kamera CCTV yang memonitor aktivitas Gunung Sinabung.

Dalam menangani bencana Sinabung, Pak Bupati terlihat percaya diri. Terbukti, meski sudah didesak DPRD Kabupaten Karo, Bupati Kena Ukur Karo Jambi Surbakti enggan meningkatkan status bencana Gunung Sinabung menjadi bencana nasional. Keenganan itu dilakukannya dengan menolak hadir setiap kali diundang DPRD untuk membahasanya.

Para wakil rakyat Karo sendiri ngotot kalau Pak Bupati tak becus menangani bencana. Buntutnya, DPRD menggunakan hak angketnya, dan membentuk Panitia Angket untuk memakzulkan sang bupati dari jabatannya. 13 Januari 2014 lalu, Panitia Angket mendaftarkan pemakzulan itu ke Mahkamah Agung.

Selain karena soal bencana, masih ada 5 alasan lain yang ditetapkan DPRD sebagai alasan untuk melengserkan bupati. Yakni: dugaan perselingkuhan bupati dengan seorang istri orang lain; bupati diduga telah melakukan praktik jual beli jabatan; melanggar sumpah jabatan dalam pendirian Yayasan Pendidikan Karo Jambi; pelanggaran etika yang telah dilakukan Bupati Karo atas surat panggilan DPRD Karo; dan sumbangan pihak ketiga ke kas Pemda Karo dari penambang dolomit yang terindikasi korupsi.

Peta & Citra Satelit

Kantor Bupati Karo

Pemerintah Kabupaten Karo
Jl. Djamin Ginting No. 17
Kabanjahe
Kabupaten Karo
Sumatera Utara

Website: www.karokab.go.id

Kecamatan di Kabanjahe

Kecamatan di Kabupaten Kabanjahe:
  1. Barus Jahe
  2. Berastagi
  3. Dolat Rayat
  4. Juhar
  5. Kabanjahe
  6. Kuta Buluh
  7. Lau Baleng
  8. Mardinding
  9. Merdeka
  10. Merek
  11. Munte
  12. Naman Teran
  13. Payung
  14. Simpang Empat
  15. Tiga Binanga
  16. Tiga Nderket
  17. Tiga Panah