Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Pemerintah Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat

Minggu, 03 April 2011 05:50:52
photo: Desius / panoramio

Kabupaten Mamuju selama ini dikenal sebagai penghasil kakao. Belakangan, kabupaten ini juga menjadi kawasan perkebunan kelapa sawit. Juga, Mamuju sejak November 2010 sudah mulai mengekspor 2.000 ton bijih mangan ke China. Tambang mangan ini digarap PT Mandiri Mangan Corporation .

Adapun bisnis kelapa sawit di Kabupaten Mamuju didominasi oleh tiga perusahaan: PT Manakarra Unggul Lestari beroperasi di kecamatan Budong-Budong, Tobadak, dan Topoyo; PT Tunas Fajar Perkasa di Kecamatan Tommo, dan PT Surya Raya Lestari II di Kecamatan Korossa.

Ketiga perusahaan tersebut menyumbang hampir seluruh produksi sawit yang ada di Kabupaten Mamuju, dengan total produksi sekitar 103,089 ton per tahun. Produksi sawit selebihnya adalah tanaman sawit hasil perkebunan rakyat. Total produksi sawit di Kabupaten Mamuju mencapai 105,790 ton per tahun.

Kabupaten Mamuju sudah terbentuk lama, sejak 1959, sebagai bagian dari Provinsi Sulawesi Selatan. Ketika Provinsi Sulawesi Barat dibentuk pada 2004, Kabupaten Mamuju pun beralih masuk wilayah Sulbar, dan menjadi kabupaten dengan wilayah terluas. Ibukota kabupaten ini, Mamuju, juga menjadi ibukota provinsi.

Berseberangan dengan Balikpapan, Kalimantan Timur, setiap hari ada pesawat yang terbang dari dan ke Mamuju. Pesawat rute Makassar-Mamuju- Balikpapan itu menggunakan Bandara Tampa Padang, yang berada di kecamatan Kalukku, sekitar 35 kilometer di tenggara kota Mamuju. Selain pesawat, Balikpapan-Mamuju juga terhubungkan oleh kapal ferry.

Peta & Citra Satelit

Kantor Bupati Mamuju

Pemerintah Kabupaten Mamuju
Jalan Soekarno-Hatta No. 1
Mamuju - 91511
Sulawesi Barat

Tel: 0426-21101

Website: www.mamujukab.go.id

Kecamatan di Mamuju

Kecamatan di Kabupaten Mamuju:
  1. Tapalang
  2. Tapalang Barat
  3. Simboro
  4. Mamuju
  5. Kalukku
  6. Bonehau
  7. Kalumpang
  8. Papalang
  9. Sampaga
  10. Pangale
  11. Tommo
  12. Budong Budong
  13. Tobadak
  14. Topoyo
  15. Karossa
  16. Bala-Balakang