Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Kantor Kecamatan Cileungsi - Kantor Lama

Minggu, 06 Februari 2011 05:59:00
photo: jobojero/indoplaces

Update 12 Desember 2015 -- Kantor Kecamatan Cileungsi sudah pindah ke area Cluster Gandaria, perumahann Metland Transyogie. Kantor lama ini sekarang ditempati oleh UPT Pajak Daerah XVIII Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Bogor, Outlet Perizinan Badan Perizinan Terpadu Kabupaten Bogor, dan PMI Kecamatan Cileungsi

- - -

Kantor Kecamatan Cileungsi mestinya bisa tampil gagah, perkasa, dan berwibawa. Bertengger di sudut 'segitiga emas', dengan kontur tanah jauh lebih tinggi dari jalan raya dan wilayah sekitarnya, Kantor Camat ini bagai mengawasi wilayah seantero Cileungsi. Tapi itu mestinya. Kenyataannya, saat ini, lokasi yang bagus dan strategis itu hanya diisi dengan bangunan khas kantor pemerintah nan jadul. Kontras dengan tampilan cantik Plaza Telkom, The Market, Resto Nyi Iteung, dan juga Cibubur Mansion yang ada di seberangnya.

Peta & Citra Satelit

Segi Tiga Emas Cileungsi

Kantor Kecamatan Cileungsi
Jalan Trans Yogie (Alternatif Cibubur-Cileungsi)
Cileungsi
Bogor

Legenda:
C = Kantor Camat Cileungsi
P = Plasa Telkom
T = The Market Cileungsi
I = Resto Nyi Iteung
M = Cibubur Mansion

Depan Cibubur Mansion

Setiap warga Cileungsi mau tidak mau harus kenal dengan Pak Camat. Pasalnya, sebagaimana daerah non-ibukota provinsi, Pak Camat-lah yang masih harus membubuhkan tanda-tangannya di KTP. Plus label atas nama Bupati Kabupaten Bogor di atasnya.

Depan Resto Nyi Iteung

Pak Camat juga punya arti penting dalam jual-beli tanah. Menurut para 'biong' atau makelar tanah, lebih sip kalau menggunakan jasa PPAT Pak Camat, ketimbang para notaris. Soalnya, data dan catatan pertanahannya terus tersimpan di kecamatan, meski pejabat camat berganti. Sementara kalau menggunakan jasa PPAT dari kantor Notaris swasta, ada resiko sang notaris pindah kantor dan sulit mencari kantor barunya.