Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Tugu Persatuan, Monas-nya Sultra di MTQ Square

Sabtu, 19 Maret 2011 01:08:10
photo: google earth

Tinggi: 99 meter. Desain: tapak dan pelatarannya cantik kalau dilihat dari langit. Biaya pembuatan: sudah habis Rp 50 miliar. Status: belum jadi. Itulah Tugu Persatuan, simbol persatuan Provinsi Sulawesi Tenggara. Berada di kota Kendari, tahun 2011 ini proyek Tugu Persatuan kembali mendapat kucuran anggaran Rp 5 miliar dari APBD 2010, untuk pemasangan lift sampai ke puncak tugu.

Tahun silam, Mahkamah Agung juga mengeluarkan putusan terkait proyek tugu ini. Isinya menguatkan keputusan Pengadilan Tinggi Sultra: Pemprov Sultra harus membayar ganti rugi tanah yang dipakai untuk tugu, yang luasnya hampir 1 hektar. Gugatan di pengadilan itu terjadi karena Pemprov hanya berseda mengganti Rp 30 ribu per meter. Padahal NJOP-nya sudah Rp 250 ribu. Putusan MA, Pemprov harus membayar Rp 150 ribu per meter.

Tugu Persatuan dibangun di atas lahan yang dulu dipakai Musabaqoh Tilawatir Qur'an (MTQ) Nasional ke-21 tahun 2006. Karenanya, area ini lazim disebut MTQ Square. Difungsikan sebagai alun-alun Kendari, dan kebetulan berada di depan kantor Walikota Kendari, MTQ Square biasa dipakai untuk berbagai kegiatan: konser musik, bazar, pameran, dan gelaran lainnya. Ini sesuai cita-cita awal, ingin membangun pusat kota bagaikan kawasan Monas di Jakarta.

Pembangunan Tugu Persatuan digagas dan dilaksanakan Gubernur Ali Mazi, yang menjabat pada periode 2002-2008. Begitu ganti gubernur, sekarang Gubernur Nur Alam, proyek yang belum selesai itu mulai tersendat. Pembiayaan mulai dikucurkan hanya Rp 5 miliar setiap tahunnya. Jika tahun ini Rp 5 miliar untuk lift, tahun lalu Rp 5 miliar untuk menggarap taman dan 'area bawah' lainnya.

Peta & Citra Satelit

Arena MTQ nasional ke-21

Gedung bekas arena MTQ Nasional ke-21 juga masih dipertahankan. Sosoknya, kalau dari langit, berupa bangun melengkung warna coklat, dan berada di sisi timur Tugu Persatuan. Sedangkan Kantor Walikota dan kantor pemerintahan lainnya berada di sisi barat tugu.