Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Perpustakaan dan Arsip Daerah Kepulauan Riau

Kamis, 25 Juni 2015 11:36:23
photo: yusnadi / batam pos

Gedung Kantor Gubernur Kepulauan Riau di Kota Tanjungpinang sedang direnovasi. Sebuah studio film ditambahkan di sana. Mau jadi apa? Jadi Gedung Perpustakaan dan Arsip Kepulauan Riau. Gedung yang dimaksud tak lain adalah gedung lama Kantor Gubernur Riau. Pak Gubernur sendiri sudah pindah ke kantor barunya yang lebih megah di Pulau Dompak. Kantor lamanya sekarang ini sedang dipoles dan dipersiapkan menjadi gedung perpustakaan yang modern dan cantik. Meski belum resmi pindah, Google Maps sudah mau melabeli kantor lama itu sebagai gedung Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Kepulauan Riau.

Awal November 2014, saat proses renovasi ditinjau Ketua Komisi IV DPRD Kepri Teddy Jun Askara, sempat dikabarkan kalau BPAD akan pindah ke eks kantor gubernur pada awal 2015 ini. Soalnya, kontraktor renovasinya sudah memastikan proyek renovasi akan selesai pada akhir Desember 2014. Tenggat waktu ini merupakan perpanjangan yang diminta kontraktor, karena batas waktu pelaksanaan proyek semestinya adalah 27 November 2015. Di akhir tahun, proses renovasi gedung akhirnya selesai. Tapi BPAD ternyata belum pindah juga sampai sekarang. Penyebabnya, renovasi tadi barulah renovasi gedungnya saja, tidak termasuk fasilitas perpustakaannya.

Sejak Februari 2015 lalu, berbekal anggaran Rp 32,6 miliar, 'isi' perpustakaan mulai digarap. Dana itu, kata Kepala BPAD Kepri Amir Husein, akan dipakai untuk pengadaan perlengkapan interior ruangan senilai Rp 11 miliar, pengadaaan Depo Arsip sebesar Rp 9,6 miliar, pembuatan data centre sebesar Rp 7 miliar, dan pengadaan buku senilai Rp 5 miliar. Adapun yang akan jadi fasilitas andalan perpustakaan, antara lain, adalah studio film.

So, kapan pindahnya?

Peta & Citra Satelit

Eks Kantor Gubernur Kepri

Badan Perpustakaan dan Arsip Kepulauan Riau
Eks Kantor Gubernur Kepri
Jl. Basuki Rahmat
Kota Tanjungpinang
Kepulauan Riau


Kantor Sekarang:
Jl. Soekarno Hatta No. 26-28
Kota Tanjungpinang - 29125
Kepulauan Riau

Tel: 0771-318570, 318571

Website: www.bpadkepri.com - http://bpad-kepri.pnri.go.id