Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat

Rabu, 07 Mei 2014 23:45:39
photo: jerry hasan

Tuba Barat, sebutan singkat untuk Kabupaten Tulang Bawang Barat, berulang tahun yang ke-5 pada 3 April lalu. Upacara bendera pun digelar di halaman kantor bupati yang baru. Tapi, Bupati Bachtiar Basri tak hadir. Lagi berurusan dengan KPK? Bukan. Pak Bupati sedang cuti karena harus mempersiapkan diri menghadapi pemilihan gubernur Lampung yang digelar bersamaan dengan Pemilu Legislatif 9 April 2014. Sukseskah? Memuaskan. Bachtiar, Basri, sebagai cawagub, dan pasangannya Cagub Muhammad Ridho Ficardo, keluar sebagai pemenang. Keduanya meraih 44,8 persen suara dari total 4.462.288 pemilih. Tingkat partisipasi pemilunya sendiri hanya 78 persen.

Kabupaten Tulang Bawang Barat memang tergolong kabupaten muda. Ia lahir bersamaan dengan Kabupaten Mesuji, dan sama sama-sama pemekaran dari Kabupaten Tulang Bawang. Mesuji diundangkan lewat UU No. 49 tahun 2008, Tuba Barat lewat UU No. 50 tahun 2008. Presiden SBY meneken kedua UU itu pada 26 November 2008. Meski begitu, kabupaten Tuba Barat sudah lebih dulu diresmikan eksistensinya oleh Mendagri Mardiyanto pada 29 Oktober 2008. Dan kemudian, entah bagaimana ceritanya, kabupaten ini menjadikan 3 April 2009 sebagai hari lahirnya.

Bupati Bachtiar Basri dan Wakil Bupati Umar Ahmad merupakan bupati pertama hasil pilkada di Tuba Barat. Keduanya menang pada pilkada yang digelar 28 September 2011 berkat dukungan koalisi Golkar, PKS, PPIB, PKB, Partai Demokrat, dan PKS. Pada 14 November 2011, Gubernur Sjahroedin ZP melantik keduanya untuk menjadi pemimpin Tuba Barat periode 2011-2016. Sebelum punya bupati sungguhan, Tuba Barat juga dipimpin Bachtiar Basri sebagai Pejabat Pelaksana Tugas Bupati, alias bupati sementara.

Semasa menjadi bupati sementara, pada 2009 Bachtiar langsung memulai proyek pembangunan kompleks kantor bupati. Lahan seluas 55 hektar yang jadi lokasinya merupakan tanah bekas peternakan yang dihibahkan para tokoh pendukung pemekaran. Menghabiskan biaya Rp 54 miliar, kantor bupati dan komplek perkantoran Pemkab Tuba Barat akhirnya diresmikan Gubernur Sachroedin ZP pada 18 Desember 2012.

Sekarang Bachtiar sedang menanti hari pelantikan menjadi Gubernur Lampung. Siapa yang akan menggantikannya sebagai pemimpin kabupaten yang mayoritas penduduknya berdarah transmigran Jawa ini? Pejabat yang jadi inspektur upacara hari jadi Tuba Barat yang ke-5 kah? Tentu bukan. Normalnya, yang jadi penerus adalah Wakil Bupati Umar Ahmad. Adapun sosok yang jadi inspektur upacara tadi adalah Letkol Pnb M Satriyo Utomo. Dia tak lain adalah Komandan Pangkalan Udara Astra Ksetra, lapangan terbang TNI-AU yang ada di perbatasan wilayah Kabupaten Tuba Barat dan Kabupaten Tulang Bawang.

Peta & Citra Satelit

Kantor Bupati Tuba Barat

Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat
Kompleks Perkantoran Pemkab Tuba Barat
Desa Panaragan Jaya
Kecamatan Tulang Bawang Tengah
Kabupaten Tuba Barat
Provinsi Lampung

Website: www.tulangbawangbaratkab.go.id

Kecamatan di Tuba Barat

Kecamatan di Kabupaten Tulang Bawang Barat:
  1. Tulang Bawang Udik
  2. Tumi Jajar
  3. Tulang Bawang Tengah
  4. Pagar Dewa
  5. Lambu Kibang
  6. Gunung Terang
  7. Gunung Agung
  8. Way Kenanga