Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin
Rabu, 10 Desember 2014 03:16:19
photo: hnggle / panoramio
Kabupaten Musi Banyuasin dulu dikenal dengan nama daerah Palembang-Banyuasin. Daerah ini resmi menjadi Kabupaten Musi Banyuasin lewat UU Darurat No 4 tahun 1956 tentang Pembentukan Daerah Otonom Kabupaten-kabupaten dalam Lingkungan Daerah Provinsi Sumatera Selatan. Yang menjadi ibukotanya adalah Palembang.

Kota Palembang sendiri, selain jadi ibukota Musi Banyuasin, juga menjadi daerah otonom tersendiri, sesuai UU Darurat No 6 tahun 1956 tentang Pembentukan Daerah Otonom Kota Besar dalam Lingkungan Daerah Provinsi Sumaera Selatan. Kedua UU darurat yang selisih satu nomor ini sama-samm diteken Presiden Soekarno pada 14 November 1956.

Lalu, UU Darurat NO 5 tahun 1956 isinya apa? Entah bagaimana ceritanya, UU darurat yang terakhir ini adalah UU darurat tentang Undang-undang Darurat Nomor 6 tahun 1956 tentang Pembentukan Daerah Otonom Kota Besar dalam Lingkungan Daerah Provinsi Sumatera Selatan. Jadi, UU tentang UU berikutnya.

Ibukota Musi Banyuasin pindah ke Sekayu, ibukotanya yang sekarang, berdasarkan SK Menteri Pemerintahan Umum dan Otonomi Daerah No. Des. 52/2/37-34 tanggal 1 April 1963.

Dalam perjalanan hidupnya, Kabupaten Musi Banyuasin --yang biasa disingkat Muba-- pernah dimekarkan satu kali, lewat UU No 6 Tahun 2002, dan menghasilkan Kabupaten Banyuasin yang beribukota di Pangkalan Balai.
Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin
Jl. Kolonel Wahid Udin L.K. VII No. 257
Sekayu
Kabupaten Musi Banyuasin
Sumatera Selatan

Tel: 0714-322514

Website: www.mubakab.go.id



Notes: Citra satelit Google masih koleksi lama dan masih menampilkan sosok lama komplek perkantoran bupati Musi Banyuasin. Gedung klasiknya masih beratas limasan seperti terlihat di citra satelit dan di foto udara di atas, sedangkan gedung barunya sudah beratap lengkung ala hanggar pesawat seperti terlihat di foto pertama.
Kecamatan di Kabupaten Musi Banyuasin:
1. Sekayu
2. Lais
3. Babat Supat
4. Sungai Lilin
5. Tungkal Jaya
6. Bayung Lincir
7. Keluar
8. Bantanghari Leko
9. Babat Toman
10. Plakat Tinggi
11. Sungai Keruh
12. Lawang Wetan
13. Sanga Desa
14. Lalan