Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Esplanade, Theatre on the Bay, Singapura
Jumat, 24 Februari 2012 03:17:39
photo: jobojero/indoplaces
Gedung Opera Sydney selalu menjadi inspirasi bagi para perancang kota dan arsitek di manapun. Singapura pun tak terkecuali. Maka, sejak 1995, dirancanglah gedung yang sekarang dikenal sebagai Esplanade, Theatre on The Bay. Ketika itu, rancangan gedung pertunjukkan kembar yang berada di seberang Merlion Park ini sempat dicemooh karena dianggap mirip dengan landak atau trenggiling yang sedang kawin.

Ketika Esplanade rampung dan diresmikan pada Oktober 2002, kehadirannya akhirnya diterima juga. Gedung pertunjukkan serbaguna --plus perpustakaan seni pertunjukkan- di tepian Marina Bay itu kini dipromosikan sebagai gedung yang mirip durian raksasa. Adapun nama Esplanade diambil dari istilah yang lazim dipakai untuk menyebut 'jalan pinggir kali', yang juga jadi nama jalan dan jembatan di depannya.

Esplanade punya sejumlah ruang pertunjukan. Concert Hall-nya bisa menampung 1.500 orang. Gedung theaternya lebih besar, bisa menampung 2.000 orang. Lalu ada pula ruang pertunjukan skala kecil: Recital Studio, Theatre Studio, dan Drama Center. Selain ruang pertunjukan indoor, area di luar gedung juga biasa jadi teater dan panggung terbuka.
Esplanade - Theatre on the Bay
Esplanade Drive No. 1
Singapura

Tel: +65 68288 377

Website: www.esplanade.com