Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Merlion dan Merlion Park, Singapura

Kamis, 23 Februari 2012 21:25:53
photo: jobojero/indoplaces

Merlion, ikon favorit Singapura, merupakan sosok ikan berkepala singa. Katanya, ini merupakan simbolisasi dari riwayat Singapura yang dulunya adalah desa nelayan. Merlion sendiri merupakan singkatan. 'Mer' berarti laut, 'Lion' ya berarti singa. Patung Merlion yang 'utama' atau yang 'asli' adalah yang berada ditempat yang sekarang dinamakan Merlion Park, taman seluas 2.500 meter persegi di kawasan Marina Bay.

Ketika pertama kali dibuat pada 1972, patung yang memancurkan air dari mulut singa ini lokasinya berada di sebelah barat (kiri) jembatan Esplanade, menjorok ke tengah sungai. Letaknya membuatnya sulit untuk dipakai foto bareng oleh wisatawan. Bahkan boleh dibilang, dulu patung Merlion ini --yang berketinggian 8,6 meter dan berberat 70 ton-- sekedar obyek biasa saja yang berada di pinggir sungai.

Sekarang, atau sejak dipindah tahun 2000, Merlion berada di timur (kanan) jembatan, di area taman, sekitar 120 meter dari lokasi aslinya. Kini siapapun bisa foto bareng di sekeliling patung ini, dengan berlatar belakang Hotel Fullerton serta banyak pencakar langit Singapura sekaligus. Di seberang patung pun disediakan dek atau platfrom untuk memandang dan memotretnya dari arah depan.

Jembatan Esplande (Esplanade Bridge) yang memisahkan lokasi patung Merlion lama dengan lokasi sekarang, baru selesai dibuat pada 1997.

Peta & Citra Satelit