Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Osama Bin Laden Tamat di Abbottabad

Senin, 02 Mei 2011 23:33:18
photo: google earth

Lewat pidato menjelang Minggu tengah malam, Presiden Barrack Obama mengumumkan kalau pasukan AS dan aparat intelen CIA berhasil melumpuhkan dan menewaskan Osama bin Laden, pemimpin Al-Qaeda. Osama ditembak mati tepat di kepala, di rumah persembunyiannya di Abbotabad, salah satu kota besar di Pakistan yang terkenal sebagai kawasan pangkalan militer dan akademi militer.

Di kota Abbotabad ini pula, Januari lalu, Umar Patek ditangkap. Yang satu ini disebut tokoh teroris Jamaah Islamiyah asal Indonesia. Ia ditangkap aparat keamanan Pakistan dan hingga kini masih menunggu kemungkinan untuk diekstadisi ke Indonesia.

Menurut CNN, FBI sudah menyediakan 1 juta dollar uang hadiah bagi orang yang bisa meringkus Umat Patek, sosok yang diyakini ikut membuat bom yang digunakan di Bali pada 2002.

Kota Abbotabad sendiri terbilang tak jauh dari Islamabad, ibu kota Pakistan. Jaraknya hanya sekitar 50 kilometer di sebelah utara Islamabad, sekitar 1 jam perjalanan dengan mobil. Penyergapan terhadap rumah Osama bin Laden dilakukan sekitar pukul 01.00 pagi waktu Pakistan dan berlangsung hanya 40 menit. Pasukan AS menggunakan dua helikopter yang terbang dari pangkalan AS di Afghanistan.

Link: Time - Death Comes for the Master Terrorist: Osama bin Laden (1957-2011)

Peta & Citra Satelit

Rumah Persembunyian Obama

Skema rumah persembunyian Osama bin Laden versi New York Times.

Kota Abbotabad

Places TerdekatKm
Hotel TerdekatKm