Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Badiklatda Provinsi Jawa Barat, Windu, Kota Bandung
Kamis, 11 Agustus 2016 18:31:01
photo: che/indoplaces
Birokrat bisa berinovasi. Percaya? Percaya saja. Buktinya, September 2015 lalu digelar 'Pameran Inovasi' yang menampilkan 46 inovasi karya birokrat, alias PNS, alias ASN, yang diselenggarakan Badan Pendidikan dan Latihan Daerah (Badiklatda) Provinsi Jawa Barat. PNS asal Kota Depok, misalnya, menampilkan 'Sibugar'' alias Sistem Informasi Kebugaran, yang dimaksudkan untuk mengefektifkan kegiatan peningkatan kebugaran jasmani PNS. Lalu ada pula 'Simda Desa', alias sistem tata kelola keuangan desa, karya PNS asal BPKP Sulawesi Barat, yang kebetulan menjadi juara 1 pameran sekaligus lomba inovasi itu.

Kok ada PNS dari Sulawesi Barat di lingkungan kerja PNS Jawa Barat? Nama sang penyelenggara memang Badiklatda Pemprov Jabar. Tapi 'sekolah PNS' ini kebetulan sudah sejak 2014 mendapat 'akreditasi' dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) dan berhak menggelar Diklatpim Tingkat II secara nasional. Walhasil sekarang sudah amat banyak PNS dari berbagai provinsi di Indonesia --eselon II dan seterusnya-- yang berguru di Badiklatda Provinsi Jabar. Proses seleksi untuk mengikuti pameran dan lomba inovasi tadi misalnya, diikuti tak kurang dari 1.500 alumni berbagai gelombang Diklatpim. Yang lolos dan akhirnya ikut pameran hanya 48 orang.

Lomba dan pameran inovasi itu akhirnya memilih 5 orang pemenang dan yang jadi juara 1, seperti sudah disebut tadi, PNS asal BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) Perwakilan Sulawesi Barat. Tepatnya, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulbar Gillbert August H Hutapea. Saat ikut diklat, jabatannya masih Kepala Perwakilan. Tapi saat pameran inovasi, dia sudah hijrah ke Jakarta dan menjadi Direktur Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, di Kedeputian Polsoskam dan PMK BPKP. Sekarang jabatan yang disandangnya sudah lain lagi: Direktur Pengawasan Penegakan Hukum dan Sekretariat Lembaga Tertinggi Negara (Gakum dan Setlemtertina), di Kedeputian Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Politik, Hukum, Keamanan, Pembangunan Manusia, dan Kebudayaan BPKP.

Pusing dengan nama lembaga di lingkungan BPKP yang barusan disebut? Kita tunggu saja inovasi para birokrat dalam melabeli nama lembaganya.
Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Provinsi Jawa Barat
Jl. Windu No. 26
Kelurahan Malabar
Kecamatan Lengkong
Kota Bandung
Jawa Barat

Tel : 022-7301440, 7301471, 7305316, 7312242
Fax: 022-7306848

Website: www.badiklatda.jabarprov.go.id

Diklat Online - www.online.badiklatdajabar.com
Hadir pertama kali di Jalan Windu pada 1968, sampai sekarang Badan Pendidikan dan Latihan Daerah (Badiklatda) Provinsi Jawa Barat masih juga bermarkas di salah satu kawasan asri Kota Bandung itu, tak seberapa jauh dari Trans Studio Bandung. Dulu namanya Pusat Pendidikan dan Latihan Pemerintah Daerah Tingkat I Jawa Barat, dan bernaung di bawah Biro Kepegawaian Sekda Pemda Dati I Jawa Barat. Saat itu sarananya masih minim: asrama diklat hanya punya 10 kamar. Walhasil, kalau ada pelatihan pegawai besar-besaran, harus jauh-jauh menumpang ke Pusat Pendidikan dan Pelatihan KORPRI di Kota Cirebon.

Kondisi itu berlangsung selama 9 tahun, alias sama periodenya dengan masa jabatan kepala diklat pertama. Setelah ganti pemimpin, pada 1977 dibangun dua gedung kelas baru, yang sekarang ini difungsikan menjadi Ruang Widyaiswara dan masjid. Pada 1981, dibangun lagi satu gedung baru, dua lantai, yang sekarang dikenal sebagai 'Gedung Perahu'. Dan akhirnya pada 1986 nama lembaga diubah menjadi Badan Diklatda Provinsi Jabar dan statusnya naik menjadi SKPD di lingkungan Pemprov Jabar.

Gedung markas Badiklatda Provinsi Jabar yang sekarang (gedung kantor 4 lantai dan gedung asrama 2 lantai, plus ruang serbaguna) dibangun pada akhir 1980-an dan diresmikan Gubernur Jabar pada 1991. Dan selain 'Kampus I' di Jalan Windu ini, Badiklat Provinsi Jabar sekarang juga sudah punya 'Kampus II' yang berada di kawasan dingin Pageran, atau di Jalan Kolonel Masturi, yang masuk wilayah Kota Cimahi.
Tetangga TerdekatKm
Akademi Pariwisata Sandhy Putra, Bandung 0,277
SMK Sandhy Putra, SMK Pariwisata Telkom Bandung 0,281
RM Ponyo 3, Malabar, Bandung 0,360
Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Jawa Barat 0,372
Bank CIMB Niaga Syariah, Gatsu, Bandung 0,798
Gereja Alpha Omega, Gatot Subroto, Kota Bandung 0,890
Bank CIMB Niaga, Gatot Subroto, Bandung 1,029
Bank Danamon - KC Bandung Asia Afrika, Kota Bandung 1,135
Yamaha JG Asia-Afrika, Asia-Afrika, Bandung 1,190
Gedung Keuangan Negara, Asia-Afrika, Bandung 1,724
Gereja Bethel, Wastukencana, Kota Bandung 2,426
Bank BNI - Kanwil Bandung, Perintis Kemerdekaan, Kota Bandung 2,519
Dinas Perikanan dan Kelautan Jabar, Wastukencana, Kota Bandung 2,532
Gereja Kerasulan Baru di Indonesia, Dago, Kota Bandung 2,886
Kedai Nyonya Rumah - Trunojoyo 2,948
Hotel di Kota Bandung
Hotel Savoy Homann Bidakara, Asia-Afrika, Bandung
Topas Galeria Hotel, Bandung
Nyland Pasteur Hotel, Bandung
Puma Hotel, Bandung
Sensa Hotel, Cihampelas Walk, Bandung
Baltika Hotel, Bandung
Tidar Hotel, Bandung
Vue Palace Hotel
Jayakarta - Bandung
Padma Hotel - Bandung
Berita Kota Bandung
Lapas Banceuy Bandung Ricuh, Bangunan Terbakar
Ridwan Kamil Resmikan Taman Alun-alun Ujungberung
Pemkot Bandung Rawat 300 Bayi HIV/AIDS
Ridwan Kamil: Bandung Raup Devisa Rp 100 M dari Peringatan 60 Tahun KAA
KAA 2015: Bandara Husein Sastranegara Ditutup Hingga Pukul 21.00
KAA 2015: Ramai di sekitar Gedung Merdeka, sepi di Taman Asia Afrika
KAA 2015: Delegasi KAA Kunjungi Obyek Wisata Kawah Putih
KAA 2015: Sejumlah Pemimpin Asia Afrika Tiba di Bandung
KAA 2015: Wapres tiba di Bandara Husein Sastranegara
KAA 2015: Presiden Jokowi Nekad Turun dari Mobil Salami Warga