Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Pemerintah Kabupaten Flores Timur

Kamis, 20 Juni 2013 11:04:21
photo: balaputradewa

Kantor Bupati Terburuk di NTT. Itu sebutan bagi Kantor Bupati Flores Timur. Tak usah tersinggung. Soalnya, orang yang tanpa sungkan bilang begitu adalah pak bupati sendiri: Yoseph Lagadoni Herin. Namun, ia sebenarnya mengutip orang lain. ''Kalau saya ke Jakarta dan bertemu orang di badan anggaran, mereka selalu bilang kantor bupati Flores Timur merupakan kantor bupati terjelek di NTT, kata Yosni, panggilan singkat sang bupati, saat berbicara dengan kepala desa di forum Musrenbang di Ritaebang, Kecamatan Solor Barat.

Lalu, ingin kantor baru? So pasti. Tapi, pada kesempatan itu pula, Bupati Flotim --singkatan Flores Timur-- bilang kalau ia sadar banyak pihak yang tak setuju pembangunan kantor baru bupati. Ia pun sependapat kalau APBD Flotim lebih baik digunakan untuk kebutuhan masyarakat yang lebih urgent. Jadi? Yosni tetap bertekad akan membangun kantor baru. Pada Musrenbang Maret 2012 itu, ia mencanangkan tekad untuk membangun kantor bupati mulai tahun itu juga. Tapi ia berjanji takkan mengusik dana APBD. Ia akan mencari dananya dari 'Jakarta'. Dan ia mengaku sudah berhasil mengumpulkan Rp 13 milyar dari total dana yang dibutuhkan sebesar Rp 37 miliar. Kalau nanti pemerintah pusat akhirnya mau ikut menyokong lewat dana internvensi, dana perimbangan, atau dana lainnya, ia tak keberatan.

Kabupaten Flores Timur berbilang tua. Ia terbentuk sebagai bagian dari pembentukan Provinsi Bali, NTB, dan NTT, via UU No 69 tahun 1958. Hari pertama 'beroperasi'-nya Kabupaten Flores Timur, 20 Desember 1958, selalu diperingati sebagai hari jadinya. Sedikit lebih muda dari Ende, yang lahir lewat UU yang sama, namun beroperasi pada 14 Desember 1958.

Sarana transportasi nasional di Flores Timur sudah cukup tersedia. Kabupaten ini punya Bandara Gewayantana dan 3 pelabuhan laut: Pelabuhan Maumere, Pelabuhan Larantuka, dan Pelabuhan Labuan Bajo.

Peta & Citra Satelit

Kantor Bupati Flores Timur

Pemerintah Kabupaten Flores Timur
Jl. Basuki Rachmat
Larantuka
Flores Timur
Nusa Tenggara Timur

Tel: 0383-21011
Fax: 0383-21011, 21015

Website: www.florestimurkab.go.id


Link
Dinas Kesehatan Flores Timur - www.dinkes-flotim.web.id

Kecamatan di Flores Timur

Kecamatan di Kabupaten Flores Timur
  1. Wulanggitang
  2. Ile Bura
  3. Titehena
  4. Demon Pagong
  5. Larantuka
  6. Ile Mandiri
  7. Lewolema
  8. Tanjung Bunga
  9. Solor Barat
  10. Solor Timur
  11. Wotan Ulumado
  12. Adonara
  13. Adonara Barat
  14. Adonara Tengah
  15. Adonara Timur
  16. Ile Boleng
  17. Witihama
  18. Kelubagolit