Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Taman Nasional Komodo
Selasa, 01 Maret 2011 06:34:42
photo: google maps
Taman Nasional Komodo begitu luas. Areanya meliputi 26 pulau yang berada di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Lalu, di semua pulau itu-kah terdapat makhlus jurasic bernama Komodo? Tentu saja tidak. Komodo hanya bisa ditemukan di dua titik: di Loh Liang, Pulau Komodo, dan Loh Buaya, di Pulau Rinca. Kedua titik atau area ini dikelola PT Putri Niaga Komodo.

Pulau Komodo dan Pulau Rinca adalah dua pulau besar di area TN Komodo. Pulau terbesar ketiga, tapi ukurannya sangat jauh lebih kecil, adalah Pulau Padar. Pulau Padar ini diapit oleh kedua pulau besar tadi. Selain terdiri dari 26 pulau, di Taman Nasional Komodo juga terdapat 11 gunung dan bukit dengan ketinggian beragam. Yang paling tinggi adalah Gunung Satalibo, di sisi utara Pulau Komodo, yang tingginya mencapai 735 meter dari permukaan laut. Gunung tertinggi kedua, Gunung Ora (667 m dpl), berada di Pulau Rinca.
Balai Taman Nasional Komodo
Jl. Kasimo, Labuan Bajo
Manggarai Barat
Nusa Tenggara Timr - 86554

Tel: 0385-41004, 41005
Fax: 0385-41006

Website: www.komodonationalpark.org
Karena Komodo adanya hanya di Loh Liang dan Loh Buaya, maka wisatawan yang datang ke TN Komodo biasanya punya tujuan lain. Selain wisata selam dan snorkeling, atraksi wisata yang populer adalah mengamati burung di Loh Sebita, melihat koloni kelelawar di Pulau Kelelawar, dan yang pasti: menikmati padang rumput dan savana yang terhampar luas di berbagai pulau di TN Komodo.
Di Taman Nasional Komodo terdapat sekitar 36 lokasi wisata selam. Lokasi yang populer antara lain: Pulau Tatawa, Pantai Merah, Gililawa Laut, Loh Dasami, Pillar Steen, Batu Bolong, dan Taka Makasar.

TN Nasional Komodo bisa didatangi lewat laut maupun udara. Tapi cara manapun yang ditempuh, pintu masuknya tetap harus lewat Labuan Bajo, ibukota Kabupaten Manggarai Barat. Lewat laut, setiap hari tersedia kapal Pelni trayek Denpasar-Mataram-Bima-Labuan Bajo. Lewat udara, setiap hari juga ada penerbangan dari Denpasar ke Labuan Bajo (Indonesia Air Transport dan Trans Nusa Airlines).
Kawasan Loh Liang dikelola oleh PT Putri Naga Komodo. Di area ini, selain mengamati Komodo, wisatawan juga bisa melihat rusa, babi hutan, burung, serta bermain kano.
Kawasan Loh Buaya juga merupakan daerah konsesi wisata yang dikelola PT Putri Naga Komodo. Selain melihat-lihat Komodo, wisatawan bisa menikmati dan mengamati rusa, kerbau, burung, monyet ekor panjang, kuda liar, bermain kano, dll.