Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Bandara Lekunik, Bandara DC Saudale
Sabtu, 26 Februari 2011 22:32:04
photo: dhany dillak / panoramio
Kabupaten Rote Ndao sudah punya bandara sendiri. Bandara Lekunik, namanya. Tapi tahun lalu beredar kabar namanya akan diganti menjadi Bandara DC Saudale. Nama baru itu dipetik dari nama pejabat yang menjadi Koordinator Pemerintahan Kabupaten Kupang di Rote Ndao, istilah yang kemudian diganti menjadi Pembantu Bupati Kupang di Rote Ndao. Sampai sekarang kelihatannya nama baru itu belum diresmikan. Data Kementrian Perhubungan masih memakai nama Bandara lekunik

Bandara Lekunik, yang berada di Desa Sanggoen, Kecamatan Lobalain, terbilang bandara kecil. Panjang landasannya hanya 900 meter. Yang layak mendarat di bandara ini maksimal pesawat baling-baling kelas Fokker F-50, ATR-42, Twin Otter, ataupun Casa 212.

Bandara ini hanya berjarak 2 kilometer dari Kantor Bupati Rote Ndao, dan 6 kilomter dari pusat keramaian Kota Baa. Adapun pengelolaannya masih ditangani langsung oleh UPT Ditjen Perhubungan Udara.

Penerbangan ke Lekunik saat ini dilayani Merpati Airlines, setiap Jumat, dengan pesawat Cassa 212. Juga oleh Transnusa Trigana Air, 3 kali seminggu (Senin, Rabu, Sabtu) dengan pesawat jenis ATR 42. Semua perbangan berasal dari dan ke Bandara El-Tari, Kupang. Penerbangan ke El Tari hanya maka waktu 20 menit.