Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Pemerintah Kabupaten Sumba Timur
Sabtu, 13 Juni 2015 12:28:20
photo: sumba timur bercerita
Kabupaten Sumba Timur sekarang ini merupakan kabupaten yang punya wilayah paling luas di Nusa Tenggara Timur. Hal ini antara lain karena kabupaten lain sudah dimekarkan. Kabupaten Sumba Barat, misalnya, sudah dimekarkan menjadi Kabupaten Sumba Tengah dan Kabupaten Sumba Barat Daya. Boleh jadi karena rentang kendali terlalu luas, Pemkab Sumba Timur pun akhirnya menyetujui pemekaran wilayahnya untuk menghasilkan 3 kabupaten baru sekaligus: Pahunga Lodu, Sumba Timur Jaya dan Sumba Selatan.

Secara resmi, usulan pembentukan daerah otonomi baru (DOB) itu diserahkan Bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora dan Ketua DPRD Palulu P Ndima kepada Gubernur NTT Frans Lebu Raya pada 23 Februari 2015 lalu. Saat menerima dokumen resmi usulan 3 DOB itu, Pak Gubernur bilang akan segera memprosesnya dan selanjutnya menyampaikannya ke pemerintah pusat. Dokumen usulan itu sendiri sudah disahkan oleh sidang DPRD Sumba Timur pada 30 Januari 2015.

Soal kesiapan sang calon kabupaten sendiri, sepertinya memang sudah siap. Terlebih Bupati Gidion Mbilijora memang termasuk yang mengusulkan pemekaran. Pada Juli 2014, misalnya, ia sendiri yang memimpin deklarasi pembentukan Kabupaten Pahunga Lodu. Sementara dari masyarakat pendukung pemekaran, ia meneerima secara resmi penyerahan 87 hektar lahan milik suku Kabihu dan masyarakat Watupelit untuk dijadikan pusat perkantoran Pemerintah Kabupaten Pahunga Lodu yang dicita-citakan. Kehadiran kabupaten ini didukung 5 kecamatan yang ada: Umalulu, Rindi, Pahunga Lodu, Kahaungu Eti dan Wula Wejelu.

Kabupaten Sumba Timur sendiri merupakan kabupaten tua di tanah air. Kabupaten ini lahir lewat UU No 69 tahun 1958 tentang Pembentukan Daerah-daerah Tingkat II dalam Wilayah Daerah-daerah Tingkat I Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. UU ini juga menetapkan Waingapu sebagai ibukotanya.
Pemerintah Kabupaten Sumba Timur
Jl. Jenderal Soeharto No 42
Kecamatan Kota Waingapu - 87112
Kabupaten Sumba Timur
Nusa Tenggara Timur

Tel: 0387-62785

Website: www.sumbatimurkab.go.id
Kecamatan di Kabupaten Sumba Timur:
  1. Kota Waingapu
  2. Kambera
  3. Pandawai
  4. Kanatang
  5. Kambata Mapambuhang
  6. Umalulu
  7. Rindi
  8. Pahunga Lodu
  9. Wula Waijelu
  10. Kahaungu Eti
  11. Matawai La Pawu
  12. Paberiwai
  13. Karera
  14. Pinu Pahar
  15. Ngadu Ngala
  16. Mahu
  17. Tabundung
  18. Katala Hamu Lingu
  19. Nggaha Ori Angu
  20. Lewa Tidas
  21. Lewa
  22. Haharu