Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Pemerintah Kabupaten Solok
Selasa, 09 Desember 2014 09:57:29
photo: abi jzikr / panoramio
Kabupaten Solok lahir lewat UU No 12 tahun 1956 tentang Pembentukan Daerah Otonom Kabupaten dalam Lingkungan Provinsi Sumatera Tengah. Setahun kemudian, lewat UU Darurat No 19 tahun 1957, Provinsi Sumatera Tengah dibubarkan dan sekaligus dibentuk Provinsi Sumatera Barat, Jambi, dan Riau. Seperti yang kita ketahui sekarang, Kabupaten Solok masuk ke dalam wilayah Provinsi Sumatera Barat.

Kabupaten Solok beribukotakan kota Solok. Kota ini, lewat UU No 8 tahun 1956 tentang Pembentukan Daerah
Otonom Kota Kecil di Lingkungan Daerah Sumatera Tengah, juga berstatus otonom. Walhasil, pada 1979, atas inisiatif sendiri, ibukota kabupaten dipindahkan ke Koto Baru, Kecamatan Kubung. Dan akhirnya, secara resmi, lewat PP No 39 tahun 2004, ibukota Kabupaten Solok dipindahkan ke kota Kayu Aro-Sukarami (Arosuka) di Kecamatan Gunung Talang. Kota Arosuka ini berada di jalur antara Kota Padang dan Kota Solok.

Wilayah Kabupaten Solok pernah satu kali dimekarkan lewat UU No 38 tahun 2003. Hasilnya adalalah Kabupaten Solok Selatan. UU yang diteken Presiden Megawati ini juga membentuk Kabupaten Dharmasraya sebagai pemekaran Kabupaten Sawahlunto/Sijunjung (sekarang jadi Kabupaten Sijunjung) dan Kabupaten Pasaman Barat sebagai pemekaran Kabupaten Pasaman.
Pemerintah Kabupaten Solok
Jl. Kayu Aro-Sukarami (Arosuka)
Kecamatan Gunung Talang
Kabupatenn Solok
Sumatera Barat

Tel: 0755-31333

Website: www.solokkab.go.id

Bappeda Solok - www.bappeda-kabsolok.com


Notes: Google Maps belum punya citra satelit yang cantik area kantor bupati Solok. Tapi Here.com sudah punya. Silakan simak foto di atas atau datang langsung ke Here.com - Kantor Bupati Solok.
Kecamatan di Kabupaten Solok:
1. Pantai Cermin
2. Lembah Gumanti
3. Hiliran Gumanti
4. Payung Sekaki
5. Tigo Lurah
6. Lembang Jaya
7. Danau Kembar
8. Gunung Talang
9. Bukit Sundi
10. X Koto Sungai Lasi
11. Kubung
12. IX Koto Diatas
13. IX Koto Singkarak
14. Junjung Sirih