Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Istana Tuanku Rajo Bagindo di Balun

Rabu, 26 Januari 2011 23:55:07
photo: Sholikul Huda

Istano Rajo Daulat yang Dipertuan Tuanku Rajo Bagindo Raja Adat Alam Surambi Sungai Pagu. Terlalu panjang? Kalau mau disingkat, cukuplah disebut Istana Tuanku Rajo Bagindo. Tuanku Rajo Bagindo adalah salah satu dari 4 raja di Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu, yang berwenang menangani urusan adat, ekonomi, dan menguasai Tambo Alam. Istananya yang berupa rumah gadang ini adanya di Desa Balun, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Kabupaten Solok Selatan, di ketinggian 460 meter DPL.

Nama Sungai Pagu saat ini juga dipakai sebagai nama kecamatan tersendiri di Kabupaten Solok Selatan. Kecamatan ini dikenal sebagai 'Perkampungan Seribu Rumah Gadang' karena disana lah terdapat paling banyak rumah gadang. Sedangkan Solok Selatan biasa mempromosikan diri sebagai 'Nagari Seribu Rumah Gadang'.

Adapun ibu kota Kabupaten Solok berada di kota Padang Aro, yang masuk wilayah Kecamatan Sangir. Istano Rajo di Balun berjarak sekitar 46 Km dari Padang Aro.

Semua kecamatan tadi (Koto Parik Gadang Diateh, Sungai Pagu, Sangir, dan juga Muaralabuh) dilewati oleh jalan lintas Padang-Kota Sungai Penuh. Yang terakhir ini semula adalah ibukota Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, dan kini sudah dimekarkan menjadi kota dengan Pemkot tersendiri.

Peta & Citra Satelit

Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu

Istana Tuanku Rajo Bagindo Raja Adat Alam Surambi Sungai Pagu
Jalan Lintas Padang - Sungai Penuh
Desa Balun
Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh
Kabupaten Solok Selatan
Sumatera Barat


Link: Istana Balun