Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Pemerintah Kabupaten Boven Digoel
Senin, 10 Agustus 2015 22:01:46
photo: dale rahado / youtube
Wilayah Papua bagian selatan, calon Provinsi Papua Selatan, ibarat sekolah bagi calon pemimpin di Sulawesi. Bupati Toraja Utara Frederik Batti Sorring, misalnya, sebelumnya menjabat sebagai wakil bupati Kabupaten Asmat. Sekarang, Esther Juliana Lambey, istri Yusak Yaluwo, mantan bupati Boven Digoel dua periode, sedang mencalonkan diri jadi walikota Manado. Suaminya sendiri, yang mantan ketua DPC Partai Demokrat Boven Digoel, baru tahun lalu bebas dari Lapas Sukamiskin, Bandung, setelah menjalani hukuman penjara 5 tahun karena bersalah melakukan korupsi Rp 37 miliar.

Yusak Yaluwo dilantik untuk kedua kalinya memimpin Boven Digoel, kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Merauke, pada 7 Maret 2011. Uniknya, ia menang pilkada tahun sebelumnya saat ia berstatus sebagai tahanan KPK. Kemenangannya itu memang menuai banyak protes, sampai-sampai pelantikannya tadi pun harus dilakukan di kantor Mendagri di Jakarta. Dan lebih unik lagi, sehari kemudian ia dinonaktifkan karena oleh KPKK statusnya sudah dinaikkan menjadi tersangka korupsi.

Yusak Yaluwo boleh dibilang tak bisa menjalankan kepemimpinan periode ke-dua-nya. Soalnya, ia akhirnya akhirnya memang diberhentikan karena divonis bersalah dan dijatuhi vonis penjara 5 tahun. Mahkamah Agung pun, 11 September 2013, juga menolak Permohonan Kasasi (PK) yang diajukannya. Akhirnya, setelah menjalani hukuman selama 4 tahun 3 bulan, karena ada potongan masa tahanan, Yusak bebas pada Agustus 2014. Saat sebulan kemudian pulang kampung, kehadirannya disambut meriah masyarakat Boven Digoel.

Boven Digoel, kabupaten yang tercatat dalam sejarah negeri ini sebagai tempat pengasingan Bung Hatta dan Soetan Syahrir, sekarang masih dipimpin Yesaya Merasi, wakil bupati yang naik jabatan karena Yusak Yaluwo dipenjara. Tahun ini masa jabatannya habis dan Boven Diogel termasuk salah satu dari 11 kabupaten di Provinsi Papua (totalnya ada 29 kabupaten dan kota) yang bakal ikut pilkada serentak Desember 2015. Adapun yang kemudian dilantik menjadi wakil bupati adalah Christian Piere Keintjem, yang asli Manado.

Orang terkendal asal Manado di Boven Digoel bukan hanya sang wakil bupati. Seperti sudah disebut di awal, istri mantan Bupati Yusak Yaluwo pun, Esther Juliana Lambey, berdarah Manado. Penyandang gelar Magister Hukum ini sekarang kembali ke kampung halamannya dan akan bertarung menjadi calon walikota Manado pada pilkada serentak Desember 2015 mendatang. So, sudah sampai dimana pencalonan Esther? Masa pendafaran peserta pilkada sudah ditutup. Nama Esther akhirnya tak muncul dalam daftar pasangan calon walikota dan wakil walikota di KPU Kota Manado.
Pemerintah Kabupaten Boven Digoel
Jl. Trans Papua Km. 2
Tanah Merah
Distrik Mandobo
Kabupaten Boven Digoel
Papua

Tel: 0975-31068

Website: www.bovendigoelkab.go.id
Kabupaten Boven Digoel terbentuk di era Presiden Megawati, lewat UU No 22 tahun 2002 bersama 13 kabupaten lain di tanah Papua. Yang ditetapkan sebagai ibukota kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Merauke ini adalah Tanah Merah: kota yang berada di wilayah Distrik Mandobo.

Distrik di Kabupaten Boven Diigoel:
  1. Mandobo
  2. Yaniruma
  3. Waropko
  4. Kombut
  5. Ambatkwi
  6. Fofi
  7. Jair
  8. Subur
  9. Kouh
  10. Arimop
  11. Manggelum
  12. Mindiptana
  13. Bomakia
  14. Firiwage
  15. Iniyandit
  16. Ki
  17. Sesnukt
  18. Ninati
  19. Kombay
  20. Kawagit