Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Pemerintah Kabupaten Tolikara

Selasa, 21 Juli 2015 17:20:06
photo: humas tolikara

Juli 2015 banyak api di Tolikara, Papua. Pada 9 Juli, rumah warga di Kampung Yelok, Distrik Panaga, dibakar massa. Dua hari sebelum lebaran, 15 Juli, giliran Kampung Panaga, juga di Distrik Panaga, yang jadi sasaran: 100 rumah dan 1 puskesmas dibakar. Dan akhirnya, di hari lebaran, 38 rumah, 65 kios, dan 1 musholla dibakar di Karubaga, ibukota Kabupaten Tolikara. Ingin minta keterangan Pak Bupati soal rentetan kejadian ini? Jangan datangi kantornya. Soalnya, per 1 Juli, Bupati Usman G Wanimbo pindah kantor ke Hotel Tolikara. Ngantor di hotel? Gak takut dimarahi Menpan?

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi kelihatannya tidak bakal marah ke Bupati Tolikara. Besar kemungkinan Bupati Usman G Wanimbo sudah membisikkan niatan pindah kantor itu langsung kepada Pak Menteri. Soalnya, Menteri Yudi Chrisnandi pada 8 Mei 2015 baru saja bertandang ke Tolikara. Dan 'hebat'-nya, dia menjadi menteri pertama di republik ini yang pernah datang ke kabupaten itu sejak terbentuk lewat UU No 26 tahun 2002. Dan tentunya, dia juga jadi menpan yang harus sibuk 'meralat' kebijakan Jokowi soal larangan rapat di hotel.

''Presiden Jokowi melarang pemerintah rapat, apalagi bekerja di hotel. Tetapi ya saya lakukan juga karena kondisi kantor rusak, dan bahkan bisa membahayakan nyawa,'' bilang Usman G Wanimbo, 12 Juni 2015, saat meninjau truk-truk yang menurunkan perlengkapan kantornya di Hotel Tolikara di Igari, Kecamatan Karubaga. Pada 2 Juli 2015, syukuran pindahan kantor pun dilakukan di Hotel Tolikara dan keesokan harinya bupati resmi memimpin kabupatennya dari hotel. Hotel Tolikara terletak di dataran tinggi gunung Igari, agak sedikit jauh dari pusat kota Karubaga. Namun lokasinya dinilai lebih strategis karena dekat dengan jalan lintas Wamena-Tolikara yang menuju Kabupaten Puncak Jaya. Lokasi ini juga lebih mudah di jangkau oleh masyarakat Tolikara yang tersebar di sisi timur, barat, selatan, maupun utara wilayah Tolikara.

Menpan RB Yudi Chrisnandi juga mungkin tidak marah karena saat berkunjung ke Tolikara ia juga sempat meninjau kantor sang bupati, yang sebagian memang sudah mulai rusak, termasuk ruang kerja bupati. Bahkan, ia sempat meresmikan penggunaan absensi elektronik di kantor bupati, yang sekarang --pasca bupai pindah ke hotel-- masih tetap digunakan sebagian SKPD. Dan yang 'lebih penting' lagi, dalam lawatannya itu Menpan juga melakukan peletakan batu pertama pembangunan komplek perkantoran bupati Tolikara yang baru di Igari.

Soal api yang berkobar di Tolikara, beritanya memang masih hangat. Terutama soal aksi pembakaran bernuansa SARA yang terjadi pada hari Idul Fitri, 17 Juli 2015 di Karubaga, ibukota kabupaten Tolikara. Presiden Jokowi sudah mengutuk kekerasan yang terjadi di sana. Para pemuka agama sudah saling menyuarakan pendapatnya. Komnas HAM sudah turun tangan. Aparat keamanan pun masih terus menyelidikinya, mulai dari Polisi sampai ke BIN. Kisah lengkap dan finalnya masih harus terus diikuti.

Adapun aksi massa yang membakar rumah di Distrik Panaga, kabarnya terkait satu sama lain. Aksi bakar pertama kali terjadi di Kampung Yelok, 9 Juli 2015. Aksi berikutnya, 15 Juli 2015, di Kampung Panaga, dilakukan sebagai aksi balasan. Pada kejadian terakhir ini, 100 rumah adat asli Papupa (honai) dibakar. Juga sebuah puskesmas dan kantor LSM World Vision. Tak ada korban tewas, karena penduduknya sedang pergi ke ibukota Karubaga, yang berjarak 25 kilometer, untuk menghadiri sebuah acara. Bupati Tolikara Usman G Wanimbo dan jajaran Muspida pun sudah datang langsung untuk meredakan situasi. Soal penyebabnya, Kapolres Tolikara AKBP Suroso bilang, karena soal perselingkuhan yang berujung pembunuhan.

Peta & Citra Satelit

Kantor Bupati Tolikara

Pemerintah Kabupaten Tolikara
Jl. Konda I
Distrik Karubaga
Kabupaten Tolikara
Provinsi Papua

Tel: 0969-33772
Mobile: 0813-44228866

Website: www.tolikarakab.go.id

Humas Tolikara - www.tolikarakab.com

Distrik di Tolikara

Kabupaten Tolikara terbentuk bersama 13 kabupaten dan kota di Papua lewat UU No 26 tahun 2002, yang diteken Presiden Megawati pada 11 Desember 2002. Sebagai pemekaran dari Kabupaten Jayawijaya, yang ditetapkan sebagai ibukota adalah Distrik Karubaga. Adapun yang ditetapkan sebagai hari jadi adalah tanggal 5 Juni, dan tahun 2015 ini Tolikara memperingati hari jadinya yang ke-13.

Distrik di Kabupaten Tolikara:
  1. Karubaga
  2. Kubu
  3. Konda
  4. Nelawi
  5. Poganeri
  6. Kuari
  7. Bokondini
  8. Bokoneri
  9. Bewani
  10. Kamboneri
  11. Wunin
  12. Numba
  13. Kanggime
  14. Nabunage
  15. Kembu
  16. Gilubandu
  17. Woniki
  18. Nunggawi
  19. Wumage
  20. Gundage
  21. Panaga
  22. Eqiam
  23. Timori
  24. Wina
  25. Dow
  26. Wari
  27. Ndundu
  28. Goyage
  29. Air Garam
  30. Geva
  31. Wakuwo
  32. Yuneri
  33. Tagineri
  34. Kai
  35. Tagime
  36. Danime
  37. Telenggeme
  38. Laianogoma
  39. Biuk
  40. Wenam
  41. Aweku
  42. Anawi