Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru

Kamis, 20 Juni 2013 15:40:32
photo: bing maps

Proses penangkapan Bupati Kepulauan Aru Kolonel (Pur) Theddy Tengko, SH, M.Hum, memang terlihat seru di layar televisi, akhir Mei 2013 lalu. Sebuah pesawat Cassa 212 milik TNI-AD mendarat di Bandara Dobo, ada pejabat yang turun, ada orang bersalaman, lalu ada grabak-grubuk orang belarian di bandara, dan bupati terpidana korupsi itu pun dikabarkan tertangkap. Ia pun lantas langsung di terbangkan ke Bandara Pattimura, Ambon, dengan pesawat militer tadi. Di Jakarta, kuasa hukumnya, Yusril Ihza Mahendra, yang mantan Menkumham, juga mengabarkan hal serupa kepada para wartawan.

Kejaksaan Agung belakangan menjelaskan kalau eksekusi itu memang dilakukan tim gabungan dari Kejaksaan Agung, Mahkamah Agung, TNI, dan Polri. Tim eksekusi itu terdiri dari Direktur Eksekusi dan Esiminasi MA Puji Basuki, Direktur III Intelejen Siswono, Danrem 151 Binaya Pattimura Ambon, Dirintel Polda Maluku, dan Wakajati Maluku.

Kabar lain mengisahkan, kedatangan Bupati Kepulauan Aru ke bandara sebenarnya untuk menyambut kedatangan tamunya: Danrem 151 Binaya Kolonel TNI Asep Kurnaedi . Ia sama sekali tak menyangka kalau acara penyambutan di bandara yang hanya berjarak 400 meter dari kantor bupati itu bakal jadi jebakan untuk menangkap dirinya.

Saat ditangkap, Theddy Tengko berstatus sebagai buronan, karena sejak April 2012 sudah ditetapkan besalah oleh MA, dalam kasus korupsi dana APBD Kabupaten Aru tahun 2006-2007, senilai Rp 42,5 miliar. Sebelumnya, Oktober 2011, PN Ambon menetapkan Theddy Tengko tidak bersalah. Upaya eksekusi keputusan MA sudah beberapa kali dilakukan, namun tak berhasil karena Theddy dikabarkan selalu dilindungi para pendukungnya. Yusril Ihza Mahendra pun pernah mengajukan gugatan pembatalan putusan MA, lantaran putusan itu tak bisa dieksekusi.

Kabupaten Kepulauan Aru --yang terkenal sebagai penghasil mutiara-- terbentuk lewat UU No 40 tahun 2003, bersama dua kabupaten lain di Maluku: Kabupaten Seram Timur dan Seram Barat, yang diteken Presiden Megawati. Kabupaten Kepuluan Aru terbentuk sebagai pemekaran dari Kabupaten Maluku Tenggara. Saat terbentuk ia mengambil 3 kecamatan dari kabupaten induknya: Pulau Pulau Aru, Aru Tengah, dan Aru Selatan. Secara keseluruhan, wilayah Kabupaten Kepulauan Aru terdiri dari 187 pulau.

Peta & Citra Satelit

Kantor Bupati Kepulauan Aru

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru
Jl. Ali Moertopo
Dobo
Kepulauan Aru
Provinsi Maluku

Tel: 0917-2007, 2008, 2009, 21060, 21006
Fax: 0717-2009


Link:

Profil Investasi Kepulauan Aru - www.antaramaluku.com/aru/


Google Maps belum punya citra satelit bagus yang memotret kantor bupati Kepulauan Aru. Syukurlah, Bing Maps sudah punya. Fotonya terlihat di atas, atau silakan simak langsung di http://binged.it/13UAhuw

Kecamatan di Kepulauan Aru

Kecamatan di Kabupaten Kepulauan Aru
  1. Pulau Pulau Aru
  2. Aru Utara
  3. Aru Tengah
  4. Aru Tengah Timur
  5. Aru Tengah Selatan
  6. Aru Selatan
  7. Aru Selatan Timur