Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong

Rabu, 08 April 2015 14:24:01
photo: bappeda parimo

Wilayah Kabupaten Parigi Moutong bagaikan hurup C di belahan tengah-utara Pulau Sulawesi. Ketika baru terbentuk pada 2002, kabupaten tuan rumah Sail Tomini 2015 ini cuma punya 6 kecamatan yang dipetik dari kabupaten induknya: Kabupaten Donggala. Di ujung bawah hurup C wilayahnya, terletak Kecamatan Parigi. Di ujung atasnya, utara sekaligus timur, terletak Kecamatan Moutong. Selama 9 tahun masa awal kelahirannya, hingga 2011, Parigi Moutong dipimpin Longki L Djanggola, tokoh Golkar yang sekarang jadi Gubernur Sulawesi Tengah.

Parigi Moutong --yang biasa disingkat Parimo-- sekarang sudah berkembang. Jumlah kecamatannya dari hanya 6 sudah berlipat ganda menjadi 22 kecamatan. Salah satu kecamatan yang populer adalah Kecamatan Tomini, yang namanya sama dengan nama teluk yang jadi sentral Provinsi Sulawesi Tengah: Teluk Tomini. Kecamatan ini, yang punya banyak pulau kecil cantik berpasir putih, beserta Teluk Tomini, juga sudah ditetapkan menjadi salah satu tujuan wisata nasional. Pengukuhannya sebagai destinasi wisata nasional sudah dilakukan tahun 2014 lalu lewat penyelenggaraan Festival Teluk Tomini 2014. Bahkan, karena adanya kawasan terumbu karang dan panorama bawah lautnya, Kementerian Kelautan dan Perikanan menyebut Teluk Tomini sebagai destinasi wisata kelas dunia.

Kenasionalan dan keinternasionalan Teluk Tomini akan diperkuat lagi dengan gelaran Sail Tomini 2015 pada September mendatang. Pemerintah pusat (via Keppres No 42 tahun 2014 yang diteken Presiden SBY) dan Dewan Kelautan Indonesia pun sudah sejak tahun silam menetapkan Kabupaten Parigi Moutong sebagai tuan rumah. Kabupaten lain --dan provinsi lain-- yang juga berada di tepian Teluk Tomini tentunya ikut berpartisipasi. Karenanya, meski Parigi Moutong jadi tuan rumah, pemerintah pusat menyebut Sail Tomini 2015 sebagai gelaran bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Gorontalo, dan Provinsi Sulawesi Utara.

Biaya gelaran akbar Sail Tomini 2015 pastilah juga akbar. Bupati Parimo Samsurizal Tombolotutu sudah menyiapkan dana Rp 180 miliar untuk urunan biayanya. Kabupaten tetangga, Kabupaten Boalemo (Provinsi Gorontalo), juga sudah menyediakan Rp 20 miliar. Adapun pemerintah pusat, kata Bupati Parimo yang berpangkat Kolonel dan berdarah Kostrad, sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1,6 trilun, yang antara lain akan dipakai membangun sejumlah hotel berbintang di Parigi Moutong. Dana ini kemungkinan akan bertambah karena 3 Menko sudah mengajukan anggaran internal tambahan sebesar Rp 35 miliar, yang Rp 10 miliar diantaranya akan ditambahkan ke dana Sail Tomini 2015.

Mau ikut meramaikan Sail Tomini? Mau dapat proyek? Silakan mampir, antara lain, ke LPSE Parigi Moutong. Ingin jadi event-organizer-nya? Telat. Lelang Pengadaan Jasa Event Organizer Sail Tomini senilai Rp 14,2 miliar sudah selesai. Yang keluar jadi pemenang adalah PT Qualita Prima Pariwara, anak perusahaan Qualita Group. Kelompok usaha ini merupakan perusahaan milik artis Vena Melinda, yang sekarang tengah menjalani periode kedua sebagai anggota DPR-RI asal Partai Demokrat.

Peta & Citra Satelit

Kantor Bupati Parigi Moutong

Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong
Jl. Kampali No. 1
Kelurahan Kampal
Kecamatan Parigi
Kabupaten Parigi Moutong
Sulawesi Tengah

Website: www.parigimoutongkab.go.id


Bappeda Kabupaten Parigi Moutong
Jl. Trans Sulawesi Tengah No.9
Kecamatan Parigi
Kabupaten Parigi Moutong
Sulawesi Tengah - 94471

Tel: 0450-21760
Fax: 0450-22230

Website: http://bappeda.parigimoutongkab.go.id


Link:
Saill Tomini 2015 - www.sailtomini2015.com

Kecamatan di Parigi Moutong

Kecamatan di Kabupaten Parigi Moutong:
  1. Sausu
  2. Torue
  3. Balinggi
  4. Parigi
  5. Parigi Selatan
  6. Parigi Barat
  7. Parigi Utara
  8. Parigi Tengah
  9. Ampibabo
  10. Kasimbar
  11. Toribulu
  12. Siniu
  13. Tinombo
  14. Tinombo Selatan
  15. Tomini
  16. Mepanga
  17. Palasa
  18. Moutong
  19. Bolano Lambunu
  20. Taopa
  21. Bolano
  22. Ongka Malino