Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe

Minggu, 02 Desember 2012 04:16:33
photo: Buser Kriminal

Fadel Muhammad sudah lumayan lama lengser dari kursi Menteri Kelautan dan Perikanan. Apa kesibukan mantan Gubernur Gorontalo ini sekarang? Mudah ditebak: ia pasti kembali mengenakan jas ke-konglomerat-annya. Terbukti, Agustus lalu, ia bertandang ke rumah jabatan Bupati Sangihe Drs HR Makagansa MSi di Kelurahan Tona Dua, Kecamatan Tahuna Timur. Keperluannya: selain menyampaikan sumbangan Rp 250 juta bagi korban bencana alam di Kecamatan Manganitu Selatan, Fadel juga membahas perkembangan proyek tambang emas dan tembaga di kecamatan yang sama, dan memaparkan rencana investasi senilai 100 juta dolar untuk menggarap tambang emas tersebut.

Fadel Muhammad tak datang sendirian. Seperti diberitakan website Pemkab Sangihe, ia hadir bersama para petinggi East Asia Mineral Corporation (EAS), perusahaan asal Kanada yang menemukan dan mengekplorasi emas di sana sejak 1980-an. Fadel ikut memiliki tambang itu? Entahlah. Yang pasti, pada 16 September 2012, EAS mengumumkan telah menjalin kesepakatan dengan Fadel untuk menjadikannya sebagai 'Strategic Advisor' bagi seluruh assetnya di Indonesia. Selain tambang emas di Sangihe (PT Tambang Mas Sangihe), EAS juga punya dua proyek eksplorasi di Aceh: tambang emas Miwah di Aceh (Aceh Barat, Aceh Tengah, Bireun, Pidie, dan Nagan Raya) dan tambang tembaga di Tangse (Bireun).

Sebagai mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel juga diminta masukannya soal pengembangan potensi kelautan dan perikanan Sangihe. Ia bilang, potensi tersebut masih belum dikelola maksimal. Menurutnya, Kepulauan Sangihe perlu tiga hal untuk memajukan sektor kelautan dan perikanan: penataan akses laut; mengubah strategi dari penangkapan ikan menjadi pembudidayaan ikan; dan pengolahan hasil laut. Soal makhluk laut apa yang baik untuk dibudidayakan dan layak ekspor, Fadel juga menyebut tiga hal: teripang, lobster dan kepiting.

Masukan dari Fadel itu rasanya pas dengan niatan Kepulauan Sangihe untuk menjadi 'kabupaten bahari yang sejahtera dan bermartabat terus menanjak ke arah sukses'. Juga rasanya sejalan dengan rencana pemerintah pusat, via Badan Nasional Pembangunan Pulau Perbatasan dan Pulau Terluar (BNPP) dan Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT), yang akan menggelar sejumlah 'proyek skala besar' di Kepulauan Sangihe pada periode 2014 hingga 2019. Lewat proyek itu, Kabupaten Kepulauan Sangihe hendak dijadikan 'daerah kepulauan perbatasan percontohan di Indonesia'. Menteri PDT sendiri pekan depan akan hadir di sana untuk menyerahkan sejumlah bantuan, antara lain: peralatan telekomunikasi dan jaringan internet yang akan ditempatkan di seluruh wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe; dua kapal penangkap ikan (5GT), dan 3 instalasi penyulingan air laut menjadi air tawar untuk tiga pulau (Pulau Mahengetang, Pulau Beng Laut dan Pulau Lipang).

Kabupaten Kepulauan Sangihe dulunya bernama Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Talaud. Ia terbentuk lewat UU Undang-undang Nomor 29 Tahun 1959 tentang Pembentukan Daerah-daerah Tingkat II di Sulawesi. Pada 2002, lewat UU No.8 tahun 2002 tentang pembentukan Kabupaten Talaud, kabupaten ini dimekarkan dan terciptalah Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud. Menyusul kemudian, lewat UU No. 15 tahun 2007, sebagian wilayahnya dimekarkan lagi menjadi Kabupaten Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro). Kesemua kabupaten ini berada di tepian Samudera Pasifik dan berbatasan di sisi utara dengan wilayah Kepulauan Mindanao, Filipina. Sebagai kabupaten kepulauan, wilayahnya terdiri dari Kabupaten Kepulauan Sangihe terdiri dari 105 pulau: 26 pulau berpenghuni dan 79 pulau tak berpenghuni.

Peta & Citra Satelit

Kantor Bupati Sangihe

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe
Jalan Malahasa No. 1
Keluharan Soataloara
Kecamatan Tahuna
Kepulauan Sangihe
Sulawesi Utara

Tel: 0432-21003, 22787
Fax: 0432-24210

Website: www.sangihe.go.id



Link:

Badan Nasional Pengelola Perbatasan - www.bnpp.go.id

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Sangihe - www.dikpora-sangihe.com

Pengadilan Agama Tahuna - www.pa-tahuna.go.id

Kecamatan di Sangihe

Kecamatan di Kabupaten Kepulauan Sangihe:
  1. Manganitu
  2. Manganitu Selatan
  3. Tatoareng
  4. Tamako
  5. Tabukan Selatan
  6. Tabukan Selatan Tengah
  7. Tabukan Selatan Tenggara
  8. Tabukan Tengah
  9. Tabukan Utara
  10. Tahuna
  11. Tahuna Timur
  12. Tahuna Barat
  13. Nusa Tabukan
  14. Kepulauan Marore
  15. Kendahe