Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Lippo Plaza Jember, Jember Icon, Kabupaten Jember

Sabtu, 22 Juli 2017 06:27:28
photo: lippo plaza jember / lippo malls indonesia

Mundur setahun dari rencana awal, Lippo Plaza Jember akhirnya resmi dibuka pada Ramadhan lalu: 31 Mei 2017. Bupati Jember dr Faida MMR meresmikan pusat perbelanjaan itu pada jam buka puasa, sekaligus meresmikan pembukaan gerai Matahari Department Store yang jadi tenant utamanya. Berlantai 5, Lippo Plaza Jember merupakan fondasi bagi gedung mix-used bernama Jember Icon, yang akan punya dua menara setinggi 15 lantai. Satu menara sudah rampung dan akan dijadikan Rumah Sakit Siloams. Satu menara lagi, yang masih dalam tahap konstruksi, kelak akan menjadi Hotel Aryaduta.

Proyek Jember Icon terdengar kabarnya mulai Januari 2014. Yang menyuarakan tak lain bupati Jember masa itu: MZA Djalal. Pada kuartal akhir 2014, proyek ini dimulai pengerjaannya di atas lahan seluas 1,2 hektar yang dulu menjadi markas Brigade Infantri 9 / Kostrad. Meski ditempati Kostrad, lahan itu merupakan milik Pemerintah Kabupaten Jember, yang dibeli dari PTPN X di tahun 1986. Pada 2008, lahan itu beralih status menjadi milik PT Teguh Surya Milenia, lewat proses ganti rugi sebesar Rp 11 miliar. Gara-gara alih kepemilikan itu, pada 2010, sejumlah pejabat Pemkab Jember harus berurusan dengan kejaksaan karena disangka melakukan korupsi, karena tanah itu mestinya bernilai Rp 20 miliar. Salah satu kasusnya berujung di Mahkamah Agung pada Desember 2013, yang menetapkan hukuman penjara 6 tahun bagi Sekda Jember Djoewito.

Meski disebut sebagai proyek Lippo Group, segala urusan pembangunan Jember Icon dilakukan oleh PT Wahana Citra Gemilang. Perusahaan ini pula yang mengantongi izin lokasi pembangunannya, sesuai SK Bupati Jember Nomor 693/159/1.11/2013, tertanggal 5 Pebruari 2013. Direktur perusahaan itu juga, Hokky Gunarto, yang harus berurusan dengan DPRD Jember dan masyarakat yang menuntut keterlibatan warga sebagai pekerja proyek dan karyawan Jember Icon, serta sederet tuntutan lainnya, termasuk memperbaiki Masjid Al-Huda yang bertetangga dengan lokasi proyek. Sekarang, atau setidaknya saat peresmian Lippo Plaza Jember, Hokky Gunarto, disebut sebagai Direktur Lippo Plaza Jember.

Setelah proyek berjalan setahun, Lippo Plaza Jember akhirnya bisa melakukan topping-off atau pengecoran lantai paling atas pada 14 September 2015. Atau lebih tepatnya lagi, topping-off Siloam Tower Jember Icon, karena yang hari itu dicor memang lantai atas Siloam Tower, gedung yang akan dipakai untuk Siloam Hospitals: jaringan rumah sakit kelas atas milik Lippo Group. Hajatan itu dihadiri langsung oleh Presiden Lippo Group Theo L Sambuaga, Siloam Hospitals Group Director S Budisuharto, dan Bupati Jember MZA Djalal. Proyek rumah sakit itu, mulai dari infrastruktur sampai ke peralatan medis, dikabarkan akan menelan investasi 25 juta dolar, atau sekitar Rp 333 miliar. Adapun proyek Jember Icon sendiri sedari awal disebut bernilai Rp 1,2 triliun.

Jember Icon rencananya akan memiliki tinggi 19 lantai, dan menjadi bangunan tertinggi di Jember. Tapi kalau mau menghitung, Jember Icon sekarang ini tingginya tak lebih dari 15 lantai. Bangunan mixed-used itu kelak akan terdiri dari 4 unit usaha Lippo Group: Lippo Plaza Jember, Siloams Hospital, Hotel Aryaduta, dan Sekolah Dian Harapan. Lippo Plaza Jember dan Sekoalh Dian Harapan akan menempati area bawah yang berlantai 6, yang 5 lantai terbawahnya diantaranya akan dipakai Lippo Plaza Jember. Di atas plaza ini dibangun Siloams Tower (sebelah barat) dan Aryaduta Tower (sebelah timur). Saat topping off, S Budisuharto bilang Siloams Hospital akan buka setahun kemudian. Atau lebih kongkritnya, rumah sakit itu ditargetkan bisa beroperasi pada Maret 2016 dan Lippo Plaza Jember akan buka mulai Juni 2016.

Entah bagaimana ceritanya, rencana itu akhirnya molor semua. Menjelang pembukaan Lippo Plaza Jember, Hokky Gunarto bilang kalau plaza atau mall akan didahulukan pembukaannya guna memanfaatkan momentum ramadhan. Matahari Department Store, Hypermart, Optik Melawai, dan beberapa butik busana sudah siap meramaikan pembukaan. Sedangkan Siloam Hospital saat intu masih melakukan rekrutmen dan pelatihan dokter dan tenaga medis. ''Rumah sakit masih merekrut perawat dan dokter. Lagi ditraining. Mungkin secepatnya. Setelah ini (plaza) selesai, baru rumah sakit. Tahun depan, hotel dan sekolah yang dibuka,'' kata Hokky Gunarto.

Akhirnya, Lippo Plaza Jember memang bisa mulai beroperasi saat buka puasa pada 31 Mei 2017. Plaza ini diresmikan Bupati Jember Faida dan Eddy Mumin, direktur PT Lippo Malls Indonesia, anak perusahaan PT Lippo Karawaci Tbk, yang dikenal sebagai pemilik dan pengelola berbagai mall bernuansa Lippo Group. Sesuai rencana, Matahari Department Store, Hypermart, dan juga Cinemaxx (jaringan bioskop milik Lippo Group) bisa ikut meramaikan pembukaan. Belakangan, 14 Juli, supermarket perkakas AceHardware juga ikut hadir di mal pertama di Jember itu.

Peta & Citra Satelit

Mall Jember

Lippo Plaza Jember
Jl. Gajah Mada No. 104
Kelurahan Jember Kidul
Kecamatan Kaliwates
Kabupaten Jember
Jawa Timur

Website: www.lippomalls.com

Link:
PT Lippo Karawaci Tbk - www.lippokarawaci.co.id
PT Lippo Malls Indonesia - www.lippomalls-development.com
Yayasan Pendidikan Pelita Harapan - www.ypph.org
Sekolah Dian Harapan - www.sdh.or.id
Siloam Hospitals - www.siloamhospitals.com
Aryaduta Hotel - www.aryaduta.com