Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Grand Palladium Medan
Rabu, 21 Maret 2012 06:44:50
photo: shabrina / panoramio
Grand Palladium Medan bakal jadi gedung DPRD Kota Medan. Itu kabar yang mencuat awal Januari 2012 lalu, ketika DPRD Kota Medan sibuk mencari gedung untuk jadi kantor sementara. Tidak seluruh seluruh mall, memang. Yang jadi calon lokasi terkuat adalah area bekas toko buku Gramedia di Lantai 1, di depan Matahari Department Store. Para anggota dewan pun sudah meninjaunya. Pro dan kontra pun kemudian marak. ''Nggak lucu wakil rakyat berkantor di mall'', kata banyak suara.

Sampai hari ini, jadi-tidaknya para wakil rakyat itu berkantor di Grand Palladium Medan, masih belum diputuskan. Soalnya, prosesnya akhirnya harus melalui tender, dengan budget yang tersedia sebesar Rp 1 miliar. Grand Palladium Medan masih jadi calon kuat. Alternatif lain juga sudah masuk. Di antaranya bekas gedung Pelni di Jalan Krakatau. Sementara bulan depan, niatnya tender pembangunan gedung baru DPRD Kota Medan senilai Rp 90 miliar, juga akan ditenderkan.

Grand Paladium Medan, yang biasa disebut sebagai Grand Paladium Mall, biasa dikenal sebagai mall-nya Lippo Group. Tapi sebenarnya, mall yang rampung dibangun pada 2005 di atas lahan seluas 10.640 meter persegi ini milik banyak orang. Soalnya, mall ini dijual secara strata-title. Lippo Group, lewat LMIR-Trust dan PT Lippo Karawaci, hanya memiliki 13.417 meter persegi (45,8 persen) dari total luas area komersial mall yang 29.272 meter persegi.

Tepatnya, Lippo Group hanya menguasai sebagian basement, lantai dasar, lantai lower ground, lantai upper ground, lantai 1 dan lantai 3. Lantai mall lainnya, total 6 lantai, dimiliki pihak lain. Sementara lantai bagian atas, lantai 8, 9, dan 10, ditempati Hotel Aryaduta dengan 200 kamar hotelnya.

Sesuai tradisi Lippo Group, mengisi mall dengan toko milik sendiri, area retail Grand Palladium Medan juga diramaikan oleh tenant yang masih satu keluarga: Matahari Departmnet Store dan Hypermart. Lippo Group --lewat PT Multipolar Tbk-- menguasai PT Matahari Putra Prima Tbk sejak 1996.

Selain retail space di Grand Paladium Medan, LMIR-Trust juga memiliki gedung mall sendiri di kota Medan, yakni Sun Plaza dan Plaza Medan Fair.
Grand Palladium Medan
Jalan Kapten Maulana Lubis No. 8
(Jalan Raden Saleh)
Kota Medan - 20112



Link:
LMIR-Trust: www.lmir-trust.com
PT Lippo Karawaci Tbk - www.karawaci.co.id
Hotel Aryaduta - www.aryaduta.com