Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Pemerintah Kabupaten Langkat

Selasa, 12 April 2011 14:03:23
photo: alif_tara / panoramio

Dengan tersenyum, Sabtu lalu, Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu mengibaskan bendara start tanda dimulainya 'Langkat Rally 2011'. Pak Bupati bangga karena setelah sekian lama Sumatera Utara menggelar rally nasional maupun internasional, baru kali ini Langkat dipercaya jadi tuan rumah rally. Meskipun, sesuai namanya, 'Langkat Rally 2011' ini hanya gelaran tinggat IMI Sumut. Piala yang diperebutkan pun piala pak bupati sendiri. Tapi setidaknya, gelaran bisa jadi titik awal untuk jadi tuan rumah gelaran tingkat berikutnya.

Kabupaten Langkat, yang beribukotakan Stabat, sudah eksis sejak zaman Karesidenan dan Kesultanan Langkat pada 1856. Kabupaten ini terkenal dengan perkebunan (karet dan sawit) dan minyak. PTPN II, misalnya, punya perkebunan karet, sawit, dan pabrik gula (PG Kwala Madu). Selain PTPN II, Lonsum (PT London Sumatra Indonesia Tbk) juga punya kawasan perkebunan di Langkat. Sementara untuk minyak, Langkat punya Pangkalan Brandan dan Pangkalan Susu. Seperti diketahui, cikal-bakal Pertamina adalah kilang minyak di Pangkalan Brandan, yang sekarang jadi Pertamina Unit Pengolahan I Pangkalan Brandan.

Pendapatan Kabupaten Langkat dari perkebunan dan tambang minyak tentunya besar. Pendapatan dari PBB mungkin bisa jadi gambaran. Tahun 2010 lalu, realisasi penerimaan PPB dari pekebunan tercatat sebesar Rp 38,7 miliar. Sedangkan realisasi PBB sektor pertambangan, yang bagian teramat besar diperoleh dari pembayaran Pertamina Pangkalan Brandan dan Pangkalan Susu, mencapai Rp 125,7 milar.

Peta & Citra Satelit

Kantor Bupati Langkat

Pemerintah Kabupaten Langkat
Jalan Tengku Amir Hamzah No.1
Stabat
kabupaten Langkat - 20814
Sumatera Utara

Tel: 061-8910202
Fax: 061-8910603

Website: www.langkatkab.go.id

Kecamatan di Kabupaten Langkat

  1. Bahorok
  2. Sei Bingai
  3. Binjai
  4. Hinai
  5. Batang Serangan
  6. Gebang
  7. Pangkalan Susu
  8. Pematang Jaya
  9. Kuala
  10. Selesai
  11. Stabat
  12. Secanggang
  13. Sawit Seberang
  14. Babalan
  15. Sirapit
  16. Besitang
  17. Salapian
  18. Kutambaru
  19. Wampu
  20. Tanjung Pura
  21. Padang Tualang
  22. Berandan Barat
  23. Sei Lepan

Pemekaran Kabupaten Langkat

Tahun 2010 lalu, DPRD Sumut telah menyetujui pemekaran Kabupaten Langkat menjadi 3 kabupaten baru. Kabupaten Langkat tetap akan ada sebagai kabupaten induk (9 kecamatan), sedangkan dua kabupaten barunya adalah Kabupaten Langkat Hulu (7 kecamatan) dan Kabupaten Teluk Aru (7 kecamatan). Pembentukannya secara riil bergantung pada pemerintah pusat, yang sekarang lagi ogah pemekaran.

Kabupaten Langkat kelak hanya akan terdiri dari kecamatan Stabat, Binjai, Sawit Seberang, Secanggang, Hinai, Tanjung Pura, Wampu, Padang Tualang, dan Batang Serangan. Ibu kota kabupaten tetap di Stabat.

Calon Kabupaten Langkat Hulu terdiri atas kecamatan Sei Bingei, Kuala, Selesai, Kutam Baru, Serapit, Bahorok, dan Selapian. Calon ibukotanya: Kuala.

Sedangkan calon Kabupaten Teluk Aru terdiri dari kecamatan Gebang, Brandan Barat, Pangkalan Susu, Sei Lepan, Besitang, Pematang Jaya, dan Babalan. Calon ibukotanya: Brandan Barat.