Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Terminal Petikemas Palaran
Rabu, 02 Maret 2011 20:20:39
photo: pt pp
Pelabuhan sudah bukan monopoli bisnis PT Pelindo lagi. Swasta pun boleh menerjuni bisnis pelabuhan. Maka, bekerjasama dengan Pemerintah Kota Samarinda, dan dengan tetap menggandeng PT Pelindo IV, PT Samudera Indonesia Tbk pun membangun Terminal Petikemas Palaran. Berada di sungai Mahakam, pelabuhan ini bahkan akhirnya akan diperluas dan sekaligus menjadi pelabuhan umum, menggantikan Pelabuhan Samarinda yang dianggap sudah tak layak lagi.

Dikerjakan PT Pembangunan Perumahan (persero) Tbk sejak Juni 2008, pelabuhan petikemas bernilai Rp 261 miliar ini rampung pada Mei 2010. Setelah menjalani ujicoba, terminal atau pelabuhan peti kemas ini pun dinyatakan resmi beroperasi pada September 2010. Untuk pengelolaanya, PT Samudera Indonesia Tbk menyerahkan kepada anak perusahaannya yang baru, PT Pelabuhan Samudera Palaran.

Sebagaimana terminal petikemas Koja di Jakarta yang digarap PT PP, Terminal Petikemas Palaran juga merupakan pelabuhan yang seratus persen baru, dimulai dari nol. Bukan hasil mengupgrade pelabuhan lama. Memiliki dermaga sepanjang 270 meter, terminal petikemas baru ini dilengkapi dengan lapangan penumpukan seluas 70.200 meter persegi, dan memiliki dua crane untuk bongkar-muat peti kemas.

Berada di Desa Bukuan, Kecamatan Palaran, terminal petikemas baru ini hanya berjarak 5 kilometer di sebelah timur Pelabuhan Samarinda. Dari kantor Gubernur Kaltim yang berada di tepian Mahakam, di pusat kota Samarinda, jaraknya hanya sekitar 9 kilometer.
Terminal Petikemas Palaran
Desa Bukuan, Kecamatan Palaran
Kota Samarinda
Kalimantan Timur

Pengelola: PT Pelabuhan Samudera Palaran
Jalan Diponegoro
Bukuan, Palaran
Samarinda.

Tel: 0541-6212299
Fax: 0541-6212266

Website: www.tpkpalaran.co.id


Link:
PT Samura Indonesia Tbk (Samudera Indonesia Group) - www.samudera.com

PT Pelindo IV (persero) - www.pelabuhan4.co.id