Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Pura Taman Ayun, Mengwi

Jumat, 22 Juli 2011 19:57:55
photo: jobojero/indoplaces

Pura yang satu ini, Pura Taman Ayun, juga akan dilewati jika hendak menuju Bedugul dari Denpasar. Berjarak sekitar 18 kilometer dari Denpasar, Pura Taman Ayun merupakan pura milik Kerajaan Mengwi, yang dibangun pada 1634.Kompleks pura yang lumayan luas dan memanjang selatan-utara ini dikelilingi oleh air: bagai pulau ditengah danau kecil. Untuk masuk ke pura di Desa Mengwi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, ini pun wisatawan perlu menjebrangi jembatan di atas danau.

Seperti yang juga bisa disimak dari langit, area Pura Taman Ayun terbagi menjadi 3 'halaman'. Halaman terdepan, Jaba, berupa lapangan luas dekat pintu gerbang di sisi selatan. Di lapangan ini biasanya digelar sabung ayam jika ada upacara. Juga di Jaba ini ada kolam air mancur yang melambangkan 9 (sembilan) penjuru mata angin.

Memasuki halaman kedua, pengunjung akan disambut Bale Aling-aling, yang bagai dinding penyekat untuk meng-alingi-alingi halaman ketiga. Dinding penyekat ini berisi relief 'Dewata Nawa Sanga' alias Dewa Sembilan Mata Angin. Di halaman kedua ini sudah ada satu pura kecil, Pura Dalem Bekak.

Peta & Citra Satelit

Kerajaan Mengwi

Pura Taman Ayun
Desa Mengwi
Kecamatan Mengwi
Kabupaten Badung
Bali

Jagad Kosmologi

Pura Taman Ayun yang sesungguhnya berada di halaman ketiga, area paling suci. Di area inilah terdapat banyak 'meru' menjulang tinggi dan dengan berbagai bentuk, yang jadi tempat menggelar aneka kegiatan ritual.

Secara keseluruah, ketiga halaman tadi menggambarkan tiga tingkat kosmologi: dari yg paling bawah, tempat manusia; ke tingkat yang lebih suci, tempat bersemayam dewa; dan yang terakhir melambangkan sorga.

Stadion Mengwi

Landmark lain di Mengwi yang dekat dengan Pura Taman Ayun adalah Stadion Mengwi, yang berada di sebelah Barat. Kalau di citra satelit di atas, ada di sebelah kiri; geser peta satu layar ke kanan. Jarak stadion sekitar 750 meter dari Taman Ayun.