Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Kerta Gosa, Bale Pengadilan Keraton Semarapura
Sabtu, 16 Juli 2011 11:43:03
photo: jobojero/indoplaces
Berada di pusat kota Klungkung, berseberangan dengan kantor Bupati Klungkung, Kerta Gosa merupakan kompleks paviliun atau bale pengadilan warisan Keraton Semarapura (1686-1908). Ketika Belanda masuk Klungkung, 1908-1942, fungsi ruang pengadilannya tetap dipertahankan. Di komplek ini setidaknya masih tersisa 3 obyek peninggalan Keratoan Semarapura: Bale Kerta Gosa, Bale Kambang dengan kolam Taman Gili yang berair hijau, serta Gapura Kraton.

Selain sebagai ruang sidang untuk mengadili berbagai perkara, kompleks Kerta Gosa dulunya juga jadi sarana menggelar aneka rapat dan musyawarah yang membahas berbagai masalah sosial-ekonomi Klungkung: keamanan, kemakmuran, dan keadilan. Juga, Kerta Gosa menjadi tempat menggelar upacara Yadnya atau potong gigi (mepandes) bagi para putra-putri raja.

Kerta Gosa
Jalan Untung Surapati
Semarapura
Kabupaten Klungkung
Bali
Yang unik dari paviliun atau bale di kompleks Kerta Gosa adalah kehadiran 6 deret lukisan berisi cerita wayang yang terpasang di langit-langit yang miring: dari bawah hingga ke puncak kerucut atap. Deretan lukisan di Bale Kerta Gosa berisi lukisan dari kisah Tantri, Bimaswarga, dan Papalindon. Sedangkan di Bale Kambang tersaji lukisan yang diangkat dari Kakawin Ramayana dan Sutasoma.