Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Danau Batur Menuju Global Geopark
Sabtu, 12 Maret 2011 18:10:18
photo: damir_russia/panoramio
Layaknya Taman Nasional Komodo, Danau Batur di Kintamani, Kabupaten Bangli, juga ingin go internasional. Kalau TN Komodo lewat 'World Heritage', Danau Batur lewat 'Global Geopark Network' (GGN). Saat ini, status danau bekas kaldera atau kawah Gunung Batur itu --yang luasnya mencapai 1.067 hektar-- baru sampai tahap didaftarkan. Tim penilai secara resmi baru akan meninjaunya pada Juni 2011.

Berhasil-tidaknya tentu menjadi tantangan tersendiri buat Menbudpar Jero Wacik. Soalnya, meski kelahiran Singaraja, orang tua Jero Wacik asli Kintamani, kecamatan tempat Danau Batur berada.

Sama seperti World Heritage, program atau proyek Global Geopark Network (GGN) juga merupakan lahan garapan UNESCO. Program ini mulai digelar UNESCO pada 1998, untuk mempromosikan dan memajukan geological-heritage di berbagai belahan dunia.

Gunung Batur sendiri sudah membangun puncak baru di sebelah barat Danau Batur. Statusnya masih tetap sebagai gunung berapi yang aktif. Tingginya kini sudah mencapai 1.530 meter DPL. Sedangkan Danau Batur berada diketinggia 1.040 meter DPL.

Selain Gunung Batur beserta Danau Batur, obyek wisata lain yang jadi andalan Kabupaten Bangli juga ada di tepian sebelah Barat Danau Batur. Yakni desa Trunyan, desa tradisional yang punya kuburan atau makam khas. Wisatatan biasanya berperahu menyeberangi Danau Batur untuk sampai ke Trunyan.


Link: www.globalgeopark.org