Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Pantai Nglambor, Gunung Kidul, Yogyakarta

Senin, 27 Oktober 2014 21:21:44
photo: heri purwata/indoplaces

Pantai Nglambor di Gunung Kidul itu cantik. Juga cetek. Cocok untuk snorkeling: menyimak keanekaragaman hayati di bawah air laut pantai selatan Jawa. Airnya pun tenang karena areanya dibentengi 'Pulau Nglambor', yang membuatnya tidak terkena kerasnya hantaman ombak Samudera Indonesia. Benar cantik-kah? Mestinya sih begitu. Cuma, saat Indoplaces bertandang ke sana, suasana alam sedang tidak bersahabat dengan mata. Air laut benar-benar sedang surut. Pantai jadi benar-benar cetek. Yang tersisa hanya pemandangan seperti melihat empang yang dikuras. Plus 'tetenger'-nya yang berupa pulau kecil yang terbelah dua puncaknya.

Pantai Ngelambor, yang lantainya penuh batu karang, berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Lokasinya amat dekat dari Pantai Siung, kawasan wisata pantai pasir putih yang berada di sebelah timurnya. Jarak keduanya hanya sekitar 400 meter. Tapi jangan berharap bisa menyusuri kedua titik pantai itu dengan berjalan kaki. Soalnya daratan diantara keduanya merupakan kawasan tebing karang. Tebing karang ini dulu jadi favorit para pemanjat tebing, dan sejak 2005 sudah menjadi ajang lomba panjang tebing nasional maupun internasional. Sekarang? Masih ada sih pemanjat yang bermain disana. Tapi pada dasarnya, menurut bisikan Federasi Panjat Tebing Indonesia, tebing pantai Siung mulai pelan-pelan ditinggalkan para pemanjat.

Peta & Citra Satelit

Pantai Gunung Kidul

Nasib Pantai Nglambor juga berbeda dari Pantai Siung. Sebagai obyek wisata resmi Kabupaten Gunung Kidul, Pantai Siung --area pantai putih di sisi kanan peta di atas-- sudah bisa didarati bus besar. Artinya, jangankan mobil kecil, bus rombongan wisatawan pun sudah biasa mampir ke sana. Sedangkan Pantai Ngelambor boleh dibilang masih terisolir. Kalau mau datang ke sana, enaknya menggunakan sepeda motor, dan melintasi jalan batu amat kasar yang belum tersentuh aspal. Kalau pun ada sosok infrastruktur beton di sana, itu adalah beton penguat pinggiran jalan saja, sekalius sebagai benteng longsoran tanah. Walhasil, meski masih terisolir, terlihat sudah ada sentuhan pemmbangunan di sana.

BTW, bila ingin melihat Pantai Ngelambor di waktu cantik, silakan cari di Google. Cantik dan molek deh. Pantai ini biasanya 'dipasarkan' dalam satu paket 'Trio Siung-Nglambor-Jogan.' Pantai Jogan berada di sebelah baratnya. Sedangkan Pantai Siung, yang paling populer, berada di sebelah timurnya.

Pemula Pelopor Pantai Ngelambor

Senin pekan lalu, 20 Oktober 2014, Kementeriaan Pemuda dan Olahraga RI menggelar seleksi tingkat nasional 'Pemuda Pelopor 2014' di Hotel Ibis, Slipi, Jakarta. Di antara 33 pemuda dan pemudi dari 15 provinsi yang hadir, yang mewakili kabupaten, kota, atau provinsi asalnya, terlihat Ganef Dwi Yudono. Sebagai juara di tingkat Kabupaten Gunung Kidul dan Provinsi DI Yogyakarta, ia menjadi kandidat Pemuda Pelopor di bidang Sumber Daya Alam (SDA). Selama ini Ganef dikenal sebagai sosok yang berjuang menjaga kelestarian Pantai Nglambor. Sukseskah Ganef? Ia ternyata harus puas berada di urutan kedua. Juara pertama Pemuda Pelopor di bidang SDA diraih Salasyiah asal Kalimantan Tengah yang berkiprah di bidang pengelolaan limbah rotan.