Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Jogja Library Center
Rabu, 06 April 2011 01:30:34
photo: centhini/indoplaces
Untuk urusan perpustakaan, Yogya ternyata nginternasional. Salah satu gedung perpustakaan milik Provinsi DIY, yang ada di Jalan Malioboro, misalnya, dinamai Jogja Library Center. Lalu program kerjasama antar perpustakan se-DIY disebut Jogjalib atau Jogja Library for All. Dan Oktober 2010, untuk memperingati 35 tahun ke-sister-province-an DIY dengan Prefektur Kyoto, dibuka Kyoto Book Corner di Jogja Library Center.

Jogja Library Center (JLC) ini satu dari 4 gedung atau unit perpustakaan yang dikelola Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi DIY. Dulu, gedung kuno dua lantai yang dipakainya merupakan gedung Perpustakaan Negara Yogyakarta. Setelah Perpustakaan Negara punya gedung baru, sekaligus kantor BPAD, bangunan cagar budaya ini direnovasi selama setahun dan dibuka kembali pada Desember 2007 dengan nama Jogja Library Center.

JLC menjagokan Yogyasiana sebagai layanan khas dan unggulannya. Ini tak lain koleksi digital tentang segala aspek budaya Yogya: mulai dari kesenian, bahasa, sampai ke info makanan tradisional. Andalan lainnya, layanan arsip surat kabar dan majalah. Di JLC ini tersimpan arsip berbagai surat kabar dan majalah. Mulai dari Kompas, Tempo, Gatra, sampai ke majalah Penyebar Semangat dan Djoko Lodang. Arsip paling komplit tentu saja koran Kedaulatan Rakyat, yang tersedia mulai terbitan perdana: 27 September 1945.
Jogja Library Center - BPAD Unit malioboro
Jalan Malioboro 175
Yogyakarta

Tel: 0274-512473

Website: Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah DI Yogyakarta - www.bpadjogja.info

Lini:

Jogja Library for All - http://jogjalib.jogjakarta.go.id

Perpustakaan Pemkot Yogya - http://perpustakaan.jogjakota.go.id
Mengikuti trend sekarang, Jogja Library Center juga menyediakan mini theatre, exhibition gallery, Jogja corner, dan juga 'privat' study room. Dan melengkapi keinternasionalannya, juga dihadirkan warnet. Eh, internet cafe. Semua layanan dan fasilitas itu bisa dinikmati setiap hari. Kecuali on Sunday: Closed.
Perpustakaan BPAD lainnya:

Unit Badran I
Jalan Tentara Rakyat Mataram 4
Yogyakarta
Tel: 0274-588219, 561218

Unit Badran II (Kantor BPAD)
Jalan Tentara Rakyat Mataram No. 29
Yogyakarta - 55231
Tel: 0274-513969, 563367

Unit Jogja Study Centre
Jalan Faridan M. Noto No. 21
Kotabaru, Yogyakarta
Tel: 0274-556920, 556921
Gedung Nasional Perpustakaan Provinsi, bersama Apotik Kimia Farma cabang Yogyakarta yang ada di sebelahnya, sama-sama jadi gedung cagar budaya Yogyakarta.