Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Mirota Kampus - UGM
Minggu, 27 Maret 2011 17:53:35
photo: centhini/indoplaces
Pekan lalu, 20 Maret 2011, atau setelah lebih dari 25 tahun, Mirota Kampus akhirnya membuka outlet yang ke-3, di Jalan Menteri Supeno. Pertumbuhan grup supermarket ini lambat? Tidak juga. Bagi keluarga Mirota Kampus, mungkin ya. Tapi bagi keluarga besar Mirota, tentu tidak. Karena selain supermarket Mirota Kampus, di Yogya juga bertebaran supermarket Mirota Gejayan, Mirota Godean, Mirota Kaliurang, Mirota Palagan, Mirota Babarsari, dan sebagainya.

Mirota --singkatan dari Minuman, Roti, dan Tart-- merupakan bendera usaha yang dibangun Hendro Sutikno (Tan Kiem Tik). Setelah berpulang, 5 anaknya meneruskan usaha bapaknya, dan juga mengembangkan usaha baru. Namun, seperti pernah dipaparkan majalah Swa, masing-masing usaha berdiri sendiri. Belum ada induk perusahaan atau holding yang bernama Mirota Group atau sejenisnya.

Mirota Kampus, misalnya, adalah milik Siswanto, putra kedua Hendro Sutikno. Ia juga memiliki PT Mirota Sambilegi, pabrik eskrim. Putra bungsnya, Hamzah Sulaiman, menjadi pemilik Mirota Batik di Malioboro. Putrinya, Yangky Iswanti, mengembangkan supermarket Mirota Godean dan Mirota Gamping. Sementara supermarket Mirota Kotabaru dan Mirota Gejayan, serta Mirota Bakery dikelola Ninik Wijayanti. Putri yang satu lagi, Ariyanti, yang tinggal di Surabaya, mengopeasikan Mirota Batik & Craft Centre di Surabaya, Bali, Bandung dan Batam.

Adapun Mirota Kampus dikelola lewat PT Mirota Nayan. Gerai pertamanya ada di Babarsari, dekat UPN Veteran, dibuka pada 1983, dan biasa disebut Mirota Babarsari. Sedangkan Mirota Kampus, yang berada dekat gerbang UGM, di Jalan Cornel Simanjuntak, dibuka 2 tahun kemudian, 13 Mei 1985. Cabang kedua inilah yang ternyata laris manis dan mempopulerkan brand Mirota sebagai supermarket. Maka lahirlah kemudian berbagai supermarket cap Mirota lainnya.

Sekarang, Mirota Babarsari --sebagai Mirota supermarket pertama-- pun memakai label Mirota Kampus Babarsari, walaupun orang tetap lebih suka menyebut nama lamanya. Gerainya yang baru di buka --karena berada di bawah kendali PT Mirota Nayan-- juga dinamai Mirota Kampus.

Mirota Kampus yang 'asli' juga semakin berkibar di tengah makin ramainya jalan Cornel Simanjuntak dan Jalan Kaliurang. Di perempatan Pak Cornel in pun sekarang Mirota Kampus sudah ditemani Pak Kolonel alias Pak Jenggot alias Colonel Sanders alias KFC. Dan yang penting, di Mirota Kampus, mahasiswa masih dapat discount kalau belanja pakai KTM. Atau kalau mau potongan lebih gede lagi, jangan sungkan pamerkan transkrip IPK.
Mirota Kampus - UGM
Jalan Cornel Simanjutak
Bulaksumur
Yogyakarta


Mirota Kampus - Babarsari
Jalan Solo Km. 7
Babarsari
Yogyakarta

Mirota Kampus - Supeno
Jalan Menteri Supeno No. 38
Mergangsan
Yogyakarta

Website: www.mirotakampus.com