Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Mirota Batik - Malioboro

Sabtu, 26 Maret 2011 05:28:48
photo: centhini/indoplaces

Namanya memang Mirota Batik. Tapi toko batik favorit Megawati Soekarnoputri ini, yang berada di Jalan Maliboro atau Jalan Ahmad Yani, Yogyakarta, tak melulu jual batik. Kalau mau dipadankan, Mirota Batik mirip dengan salah satu lantai Sarinah di Blok M, Jakarta Selatan: menjual batik dan kerajinan. Mirip dalam artian produk, kualitas, dan juga harga.

Gerai Mirota Batik ini diembel-embeli nama Hamzah Batik. Hamzah tak lain nama pemiliknya: Hamzah Sulaiman. Nama aslinya tak tahu. Yang jelas dia putra bungsu Hendro Sutikno alias Tan Kiem Tik, pendiri 'Grup Mirota'.

Mirota, menurut catatan majalah Swa, pada dasarnya tak punya induk bernama 'Grup Mirota'. Semua perusahaan berlabel 'Mirota' di Yogya dan kota lain merupakan bisnis independen. Meski begitu disepakati bahwa nama 'Mirota' hanya boleh dipakai sebagai nama usaha oleh keluarga yang punya hubungan darah langsung dengan Hendro Sutikno. Karena itulah, meski di Mirota Batik Malioboro ada sebuah cafe, House of Raminten, namanya tak pakai label Mirota. Ini karena pemiliknya adalah anak angkat Hamzah Sulaiman.

Di toko milik Hamzah di seberang Pasar Beringharjo ini, batik yang tergelar bukan cuma kain batik. Melainkan kain batik berikut segala produk turunannya: mulai dari busana, lukisan dekoratif, sampai ke aneka pernik bernuansa batik: termasuk patung batik. Sebagian batik dan busana batik merupakan produk buatan sendiri, karena Mirota Batik punya rumah produksi dan desainer sendiri. Selebihnya tentu menerima barang yang dititip-jualkan oleh para pengusaha dan pengrajin batik.

Peta & Citra Satelit

Hamzah Batik

Mirota Batik Malioboro
Jl. Jend. A. Yani No. 9
Kota Yogyakarta

Tel: 0274-588524



Mirota Batik Kaliurang
Jalan Kaliurang Km. 15,5
Kabupaten Sleman

Tel: 0274-897068, 897033

Mirota Yogya

Gedung antik yang dipakai Mirota Batik di A Yani ini merupakan aset milik Pemprov Yogyakarta. PT Mirota Batik Indah menyewa tanah dan bangunannya lewat PT Anindya Mitra Internasional, perseroan bentukan Pemprov Yogya. Selain di kawasan Malioboro ini, Mirota Batik juga punya outlet di Jalan Kaliurang, Pakem, Sleman, di jalan menuju rumah almarhum Mbah Maridjan di kaki gunung Merapi. Di luar Yogya, Mirota Batik juga ada di Denpasar, Tangerang, dan Surabaya.

Selain Mirota Batik, nama Mirota bertebaran di Yogyakarta lewat berbagai supermarket atau swalayan semacam Mirota Kampus, Mirota Gejayan, Mirota Godean, dan lain-lain. Juga lewat Mirota Bakery yang punya banyak gerai. Juga lewat produk susu Lactona dan Prosteo yang diproduksi PT Mirota Kinder Sugar Milk. Atau lewat produk es krim, yang dibuat PT Mirota Sambilegi. Dan masih banyak lagi label Mirota di Yogyakarta.

Di luar Yogya, label Mirota non-batik juga sudah mulai berkibar. Di Nusa Dua, Bali, ada Prosteo Fitness Centre dan Cucu Mirota. Di Bandun ada Hotel Pondok Marta. Di Batam atau Kepulauan Raiau, Mirota hadir lewat Hotel Pantai Mirota atau Mirota Beach. Yang terakhir ini berada di Desa Sijantung, Pulau Galang, pulau yang dikenal sebagai bekas suaka orang perahu Vietnam. Lokasi hanya beberapa ratus meter dari Jembatan Barelang ke-5: Jembatan Tuanku Tambusai.