Indonesia meets Google Places and Facebook Places
GKJW Pasamuan Sumber Pucung, Kabupaten Malang
Rabu, 04 Nopember 2015 16:02:11
photo: che/indoplaces
Sahur bareng bisa dilakukan di mana saja. Tak terkecuali di gereja. Setidaknya, itu yang pernah dilakukan Hj Sinta Nuriyah, istri mendiang Gus Dur. Pada Ramadhan 2013 atau Agustus 2013, istri mantan Presiden Abdurrahman Wahid ini menggelar sahur bersama keluarga fakir miskin di halaman Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW). Bukan di halaman GKJW yang satu ini, yang jadi tetangga dekat Stasiun Sumberpucung, melainkan di GKJW Mojowarno, yang berada di kabupaten yang jadi basis Gus Dur dan Nahdlatul Ulama (NU): Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Dan menurut riwayatnya, pasamuan atau jemaat Mojowarno merupakan cikal bakal kelahiran organisasi GKJW pada 11 Desember 1931.

Seperti tercermin dari namanya, GKJW merupakan organisasi gereja di wilayah Jawi Wetan atau Jawa Timur. Meski begitu, seperti terpapar di catatan sejarah yang ada di website GKJW, istilah itu tidak bermakna bahwa GKJW adalah gereja etnis atau gereja suku Jawa. Istilah itu sepenuhnya bermakna teritorial atau kewilayahan: Jawa Timur jadi bumi tempatnya berpijak dan memberikan layanan. Sedangkan untuk wilayah di luar Jawa Timur, GJKW mempercayakannya kepada ''rekan kerja Allah yang lain''.

Apalagi yang khas dari Gereja Kristen Jawi Wetan? Gampang ditebak: khotbah mingguan di sebagian besar gereja disampaikan dalam bahasa Jawa (Timuran). Yang lebih khas lagi, di GKJW Sumberpakem, Kabupaten Jember, khotbah selalu disampaikan dalam bahasa Madura. Lebih luasnya lagi, memang sudah menjadi cara GKJW --dan ini jadi pembeda-- untuk menyampaikan ajarannya dengan menyesuaikan diri dengan tradisi dan budaya budaya lokal. Metode ini dikenal sebagai Metode Coolen, yang dipetik dari nama Coenraad Laurens Coolen, pria kelahiran Semarang (peranakan Rusia-Jawa), yang pada 1827 menerjemahkan Pengakuan Iman Rasuli, 10 Hukum, dan Doa Bapa ke dalam bahasa Jawa.

Bagaimana dengan Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) Pasamuan Sumber Pucung? Ada yang khas? Skripsi yang ditulis Putri Yanuar Primita di Universitas Negeri Malang (2013) memaparkan adanya tradisi 'undhuh-undhuh' yang biasa diselenggarakan GKJW yang berada di Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, ini. Undhuh-undhuh ini tak lain adalah kegiatan syukuran yang dilakukan dua (2) kali dalam setahun: Undhuh-undhuh natura berupa berbagi hasil alam yang dilaksanakan sekitar bulan Maret-Mei dan Undhuh-undhuh berupa uang yang dilangsungkan sekitar bulan September-November. Paparan soal syukuran di GKJW Sumber Pucung ini juga bisa dijumpai dalam skripsi lain di Universitas Kristen Duta Wacana (Yogyakarta, 2006).
GKJW Pasamuan Sumber Pucung - No 111
Jl. Stasiun No. 17
Kecamatan Sumberpucung
Kabupaten Malang
Jawa Timur



Link:
Gereja Kristen Jawi Wetan - www.gkjw.web.id
So, sahur bareng Nyonya Gusdur di GKJW Mojowarno tergolong kegiatan undhuh-undhuh juga? Atau kegiatan lain? Entahlah. Juga tak diketahui apa nama jawi-nya. Yang pasti, sebagaimana Gus Dur, sang istri memang suka menggelar sahur bareng di mana saja, termasuk di gereja. ''Untuk meningkatkan kerukunan umat beragama,'' katanya.
Places TerdekatKm
GKJW Pasamuan Sumber Pucung, Kabupaten Malang 0,000
Stasiun Sumberpucung, Kabupaten Malang 0,060
Bendungan Lahor, Sumberpucung, Kabupaten Malang 3,073
Kemping dan Mancing Di Kecopokan 3,602
PLTA Sutami, Bendungan Karangkates, Kabupaten Malang 3,749
Masjid Jami Al-Ibriez, Ngebruk, Malang 4,268
Stasiun KA Ngebruk, Kabupaten Malang 4,330
Pasar Ngebruk, Sumberpucung, Kabupaten Malang 4,331
Zrounthol Motor, Dealer Yamaha, Ngebruk, Malang 4,340
Masjid Jami Darussalam, Jatikerto, Malang 7,640
Hotel TerdekatKm
Santana Hotel 10,477
Cakra Residence Hotel 22,699
Patria Plaza Hotel, Kota Blitar 34,610
Patria Palace Hotel, Kota Blitar 35,135
Tugu Blitar Hotel, Kota Blitar 35,444
Istana Hotel, Kabupaten Tulungagung 64,323
Narita Hotel, Kabupaten Tulungagung 64,443
Yusro Hotel & Convention, Kabupaten Jombang 72,879
The Sun Hotel, Kabupaten Sidoarjo 82,876
Sulawesi Kertajaya Hotel, Kota Surabaya 102,149
Berita Jawa Timur
Lorena dan Mercedes-Benz Luncurkan Bus Tingkat Jakarta-Jawa Timur
Venna Melinda Kunker ke Tulungagung
Presiden lakukan kunker ke Jatim dan Jateng
Puluhan PNS Sampang Meninggal Jelang Masa Pensiun
TNI AL Perketat Pengawasan Pantai Selatan Tulungagung
Polres Magetan Sita 250 Kilogram Daging Sapi Gelonggongan
Menag Resmikan Gedung KH Arief Mustaqiem IAIN Tulungagung
Kasus Sepatu Seragam PNS, Kepala Bappeda Magetan Ditahan
Surplus Pangan, Bupati Tulungagung Raih Satya Lencana
Bondowoso Proklamirkan Republik Kopi