Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Bank UMKM Jawa Timur, Cabang Kepanjen
Selasa, 14 Juli 2015 19:24:41
photo: centhini/indoplaces
Bank UMKM Jawa Timur punya 32 kantor cabang di seantero Jawa Timur. Cabangnya yang berada di Kepanjen, kota kecamatan yang jadi ibukota Kabupaten Malang, adalah cabang yang ke-31. Kehadiran Cabang Kepanjen ini, mulai 4 Oktober 2012, tak lepas dari segera pindahnya pusat pemerintah Kabupaten Malang dari Kota Malang ke Kepanjen. Juga, kehadirannya disokong oleh Yayasan Damandiri, yang bekerjasama dengan Bank UMKM Jatim, sedang memperluas penyaluran Kredit Posdaya: menabung Rp 1 juta bisa mendapat pinjaman Rp 2 juta, menabung Rp 5 juta bisa dapat pinjaman Rp 10 juta.

Prof Dr Haryono Suyono, mantan kepala BKKBN yang jadi ketua berbagai yayasan warisan Soeharto, termasuk Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Yayasan Damandiri), hadir pada peresmian Bank UMKM Jatim Cabang Kepanjen. Bersama Pimpinan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Surabaya M Ishak, Haryono Suyono ikut menyaksikan peresmian cabang yang dilakukan oleh Dirut Bank UMKM Jatim R Soeroso. Pada kesempatan itu sang dirut melaporkan bahwa aset banknya per September 2012 sudah mencapai Rp 1,215 triliun, penyaluran kredit Rp 892 miliar, dan pengumulan dana pihak ketiga --tabungan dan deposito-- mencapai Rp 748 miliar. Juga soal dua kredit yang jadi favorit: Kredit Krida Mas dan Kredit Pos Daya.

Bank UMKM Jatim adalah nama dagang bagi PT Bank Bank Perkreditan Rakyat Jawa Timur, atau PT BPR Jatim. Bank ini adalah perusahaan daerah yang dimiliki Pemerintah Provinsi Jatim bersama seluruh kabupaten dan kota di Jatim. Selain Bank UMKM Jatim, Pemprov Jatim juga punya Bank Jatim, yang punya nama legal PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. 5 Juni 2015 lalu, Gubernur Jatim Soekarwo baru saja melantik kedua direktur bank milik Jatim itu. R Soeroso --Dirut Bank UMKM Jatim yang dulu membuka Cabang Kepanjen-- dilantik sebagai Dirut Bank Jatim. Jabatan yang ditinggalkanya dipercayakan kepada Subawi. Pada serah terima jabatan ini dilaporkan bahwa aset Bank UMKM Jatim pada akhir 2014 sudah naik menjadi Rp 1,854 triliun, atau meningkat dari tahun 2013 yang baru mencapai Rp 1,560 triliun.

Meski sudah pindah bank, R Soeroso tak lupa pada bank asalnya. Walhasil, Selasa lalu, 12 Juli 2015, Bank Jatim menggelar program linkage yang menyalurkan kredit senilai Rp 1 triliun kepada usaha menengah, kecil, dan mikro (UMKM) melalui Bank UMKM Jatim. Untuk tahap pertama, pada tahun 2015 ini, baru akan disalurkan kredit sebesar Rp 200 miliar.

Selain kucuran Rp 1 triliun dari Bank Jatim, mulai tahun ini Bank UMKM Jatim juga akan menyalurkan 'Kredit Tani' senilai Rp 200 miliar. Dana ini merupakan dana internal yang bersumber dari penambahan modal dengan nilai yang sama, yang disuntikkan Pemprov Jatim pada Oktober 2014. Ketika melantik Dirut Bank UMKM Jatim yang baru pada Juni lalu, Gubernur Soekarwo sempat mengingatkan kembali agar dana suntikan itu sepenuhnya disalurkan sebagai 'Kredit Tani', dan tidak untuk sektor UMKM lainnya.

Adapun Yayasan Damandiri memang sudah lama menyalurkan kredit bagi UMKM di Jawa Timur. Pada 2006, dana Rp 7 miliar disalurkan lewat Bank Jatim Cabang Malang untuk menggelar program Kredit Pundi Kencana. Pada 2013, dana yang disalurkan untuk Kredit Posdaya (kredit kelompok) lewat Bank UMKM Jatim mencapai Rp 50 miliar. Angka ini naik dari tahun sebelumnya, 2012, yang mencapai Rp 40 miliar.
Bank UMKM Jawa Timur - Cabang Kepanjen
Jl. Kawi No 8C
Kecamatan Kepanjen
Kabupaten Malang
Jawa Timur

Tel: 0341-394466


Bank UMKM Jawa Timur - Kantor Pusat
Jl. Ciliwung No 11
Surabaya
Jawa Timur

Tel: 031-5677844, 5688542-45

Website: www.bprjatim.co.id
Tetangga TerdekatKm
Permata Bank, Kepanjen 0,045
Holland Bakery - Kepanjen 0,055
Kelurahan Kepanjen 0,081
Gunung Kawi Motor, Castrol Bike Point, Kepanjen 0,090
MPM Motor, Dealer Honda, Kepanjen, Malang 0,140
Masjid Baiturrahman Kepanjen 0,252
Telkom Kepanjen 0,316
Pasar Kepanjen 0,336
Kantor Camat Kepanjen 0,343
SMP Negeri 4 Kepanjen 0,350
Badan Narkotika Nasional - Kabupaten Malang 0,382
Toko Kue Cahaya, Kepanjen, Malang 0,434
DPRD Kabupaten Malang 0,872
Graha Socrates, Dinkes Kabupaten Malang 0,894
Gedung Dinkes Malang 0,917
Hotel di Jawa Timur
Swiss-Belinn Tunjungan, Tunjungan, Surabaya
Tunjungan Hotel, Tunjungan, Surabaya
Sheraton Surabaya Hotel & Towers, Tunjungan City, Surabaya
The Sun Hotel, Kabupaten Sidoarjo
Hotel Merdeka Madiun, Kota Madiun
Santana Hotel
Graha Cakra Hotel - Malang
Purnama Hotel
Ijen View Hotel
Grand Trawas Hotel
Berita Jawa Timur
Topotels Meresmikan Hotel Baru di Surabaya
Dirut PT PAL Ditangkap KPK, Produksi Kapal Jalan Terus
Jasa Marga Operasikan Tol Bangil-Rembang
Mendes Apresiasi Embung Turen Manfaatkan Dana Desa
Banyuwangi Luncurkan Layanan Pesan-Antar Buku
Legislator Sumenep Gagas Ekonomi Rakyat Lewat Budidaya Lovebird
RSUD Bangil Kejar Pendapatan Rp93 Miliar
Pusat Pemerintahan Kab Pasuruan Bertahap Pindah ke Bangil
Gerakan Sejuta Cabai Jember untuk Tekan Inflasi
Swiss Belhotel Resmikan Swiss-Belinn Tunjuingan